Gunung Kawi, Klenteng Eng An Kiong

Berharap kaya dari Gunung Kawi

Gunung Kawi, sebuah tempat yang terletak di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjadi peziarahan utama warga Tionghoa. Cerita-cerita kesuksesan beberapa pengusaha ternama di tanah air yang didapat dari Gunung Kawi, melatar belakangi fenomena itu. Misalnya kesuksesan Ong Hok Liong (pendiri perusahaan rokok Bentoel), Lukminto (pendiri perusahaan tekstil PT Sritex), Liem Swie Liong (konglomerat nomer 1 negeri ini), dan lain-lain.

Warga Tionghoa memang banyak menziarahi Gunung Kawi demi mendapat berkah yang berkaitan dengan sukses kekayaan. Salam Santoso, seorang pengusaha alat-alat pertanian di Malang misalnya, sudah sering diajak ibunya ke Gunung Kawi sejak dirinya berumur 4 tahun. Waktu itu, selain memohon rejekinya dilancarkan, sang ibu juga berharap anak-anaknya kelak akan mendapatkan kesuksesan. Benar, beberapa tahun kemudian, sang ibu datang lagi ke Gunung Kawi. Tapi kali ini tujuannya beda membayar khaul atas keberhasilan anak-anaknya menyelesaikan sekolah.

Hingga sekarang, Salam yang sudah berumur 70 tahun, tetap percaya bahwa Gunung Kawi bisa menjadi jembatan menuju keberhasilan usaha. Cerita-cerita keberhasilan beberapa usahawan kenalannya, juga melatari kepercayaan Salam terhadap Gunung Kawi. Ayahnya sendiri pernah rnendapat kesembuhan dari sakitnya, setelah makan nasi selamatan yang diadakan di gunung tersebut. “Padahal waktu itu, secara medis, peluangnya untuk sembuh sangat kecil,” kata pengurus Klenteng Eng An Kiong dan Persemayaman jenazah Panca Budi ini. HK.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Liberty. Edisi2438, 1-10 Pebruari 2011. hlm.21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *