Arca Parwati

OLYMPUS DIGITAL CAMERADiantara koleksi Museum Anjuk Ladang  terdapat sebuah  patung/arca yang di sebut Arca Parwati, arca ini ditemukan di area situs bangunan candi, yang berlokasi di Dusun Gondang, Desa Tanjung, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Dari hasil penelitian Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Timur, bulan Juli 2006. Arca Parwati ini Berasal dari Zaman Majapahit abad XIII – XIV Masehi.

Dalam kepercayaan Hindu Parwati dianggap sebagai cakti dewa Siwa dalam,  Arca Parwati tersebut digambarkan berdiri di atas lapik Padmasana dan bersandar pada stella pada bagian kepala arca tersebut memakai mahkota candrakala, sedangkan pada bagian belakangnya terdapat Prabha bentuk kurawal yang terdapat pencaran sinar Majapahit. Ditelinganya memakai anting panjang, arca tersebut bertangan empat memakai kelat bahu dua tangan di atas pusar membawa kuncup padma.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Sujarwo, Pustakawan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur,  Laporan dinas luar dlm rangka hunting  pengayaan informasi Pusaka Jawatimuran –  di Museum Anjuk Ladang, Kabupaten Nganjuk; Boneka Rara Bengok, gmbr. koleksi Museum Anjuk Ladang. Nopember 2013 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *