Sate Klopo Ondomohen

sate klopoSate klopo adalah salah satu makanan yang banyak dijual di kota Surabaya, meskipun sate klopo bukan makanan asli Surabaya, namun sate klopo cukup dikenal di Surabaya.  Ada kedai yang dikelola oleh orang Madura, dan telah melewati beberapa generasi, sehingga masyarakat  Surabaya mengenalnya dengan “Sate Klopo Ondomohen”, karena letaknya di Jalan Ondomohen (Jalan Walikota Mustajab sekarang).

Sate klopo ini begitu sangat dikenal oleh masyarakat Surabaya. Dari dulu hingga sekarang lokasi dan suasana tempatnya, pengolahan dan pengelolaannya tetap dipertahankan, Cara membakar satenya juga hanya di atas sebuah pembakaran kecil yang sudah usang termakan waktu. Namun demikian, dari dulu hingga sekarang kelezatan rasanya masih sama, kelezatannya benar-benar terjaga. Porsinya pun cukup memuaskan, dengan potongan daging yang besar-besar sehingga membuat hati kita yang menyantapnya pun gembira.

Namun dalam penyajian  Sate klopo  ini tidak ada lontong yang merupakan pasangan dari sate, yang ada malah nasi putih yang sangat pulen sekali dan sangat enak. Nasi putihnya disajikan hangat mengepul ditemani sejumput “serundeng”, parutan kelapa yang telah dibumbui dan disangrai. Rasanya gurih “serundeng” semakin menambah nikmat sewaktu menyantap sate klopo.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Sujarwo, Pustakawan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur,  Laporan dinas luar dlm rangka hunting  pengayaan informasi Pusaka Jawatimuran –  di Kedai Sate Klopo Ondomohen, Jl. Walikota Mustajab Surabaya ; gmbr. banto. Nopember 2013 

2 thoughts on “Sate Klopo Ondomohen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *