Seribu (1000) Barong

 

Seribu (1000) Barong Bikin Kagum Ribuan Penonton

1000. barongKabupaten Kediri sangat kaya dengan budaya, kreasi budaya ditampilkan Ratusan seniman Kabupaten Kediri yang tergabung dalam Tari seribu Barong mewarnai penutupan Pekan Budaya dan Pariwisata di Simpang Lima Gumul. Sabtu (22/6).

Atraksi 1(300 (seribu) Barong yang dimainkan oleh seribu seniman se Kabupaten Kediri berhasil mengundang kegakaguman ribuan penonton yang menyaksikan pertunjukan. Kekayaan budaya Kabupaten Kediri yang akrab dengan alam lingkungan pedesaan perlu terus dikembangkan sekaligus mengenalkan tradisi dan budaya yang adi luhung kepada Generasi Muda untuk mencintai budaya khas Kediri sehingga akan bangga menjadi warga Kabupaten Kediri.

1000 barongSalah seorang peserta tari seribu barong dari kecamaton Grogol (yang tidak mau disebut namanya) sangat bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Budaya dan Pariwisata ini, sehingga dapat membantu pemerintah membangun kepariwisataan di Kabupaten Kediri untuk meningkatkan kunjungan wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Banyak pengunjung yang memadati area Simpang Lima Gumal menyaksikan atraksi tari barong juga membawa berkah tersendiri bagi pedagang kaki lima dan tukang parkir memperoleh penghasilan yang lumayan untuk membantu kebutuhan keluarga. (hn- Kominfo)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: majalah GEMA KELUD, Edisi 2 / April-Juni 2013 halaman 12

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *