DI WHIRPOOL PACET, Berwisata Sambil Terapi

PACET terkenal sebagai kawasan destinasi wisata, salah satunya adalah Whirpool (kolam air panas) Padusan. Whirpool Padusan terletak dalam kawasan Wana Wisata Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Di Whirpool Padusan ini hanya terdapat satu kolam untuk berendam. Panas airnya antara 27-35 derajat Celsius. Air panas ini bersumber dari Gunung Welirang.

WHIRPOOL Padusan buka 24 jam. Tempat wisata ini menawarkan sensasi pe- mandian air panas yang dapat melepaskan letih dan penat setelah sekian lama kita terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang kadang kala menjemukan. Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk Rp 10.000. Tersedia juga kamarmandi bilas free untuk umum yang terletak di sekitar whirpool.

Setiap hari selama 24 jam, pengunjung yang datang rata-rata mencapai 100-150 orang. Kalau siang memang tidak begitu terlihat pengunjung, tapi mereka memilih malam hari. “Pengunjung pada malam hari ini yang paling banyak. Lebih-lebih pada Sabtu malam atau jelang liburan, pengunjung membludak. Padahal, kapasitas kolam pemandian air panas ini hanya 30 orang,” kata Wardiyono pengelola Whirpool Padusan. Dijelaskan, jumlah SDM yang menangani Whirpool  Padusan selama 24 jam seluruhnya ada delapan orang.

Pengunjung bisa merasakan kesegaran berendam di air panas dengan cuaca dingin karena berada di daerah pegunungan yang sejuk, indah, dan alami. Sementara lahan Perhutani yang diperuntukkan wisata di Kecamatan Pa­dusan ini sekita 65 hektare. “Di sini ada 21 titik sumber air panas kecil kecil. Dari yang kecil-kecil ini kita kumpulkan lalu menjadi besar,” tutur Wardiyono.

Menurutnya, mandi berendam di kolam air panas tersebut dapat berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit seperti encok, pegal linu, rematik, pe­nyakit kulit, stroke ringan dan Iain-Iain. Terutama jika terapi mandi air panas itu dilakukan secara rutin dan berkala.

Wati, seorang pengunjung asal Mojoagung, Jombang, secara rutin mandi di air panas ini selalu diantar suaminya. “Alhamdulillah, setelah berkali kali ke sini tangan saya sudah bisa digerak ger akkan. Sebelumnya, tangan kanan saya ini terasa kaku seperti habis keseleo. Padahal saya tak pernah jatuh. Mungkin, efek dari kolesterol,” tuturnya.

Pengalaman yang sama juga ditutur kan pengunjung lain, Endang dari Sura­baya. Dia juga merasa senang adiknya yang kena stroke ringan sekarang sudah agak lumayan. “Saudara saya itu kena stroke dan sering terapi atau berendam di air panas whirpool ini. Keadaannya sekarang lumayan, bahkan sudah bisa setir mobil,” katanya sambil menunjukkan foto adiknya pada pengelola whirpool itu.

Kolam berendam air panas ini mempunyai kedalaman 80 c:m dan berkadar belerang. Dibangun pada 2012, tapi anehnya bau belerang yang terkandung di air panas tidak menyengat hidung. Ini karena pengelola pemandian air panas setiap pagi rajin membersihkan. Rencana kedepan akan ada penambahan satu kolam lagi. Tujuannya, untuk membedakan tempat pria dan wanita. “Usulan ini sudah disampaikan ke Perhutani Pusat,” kata Wardiyono.

Dalam peraturan yang tertulis di dinding kolam air panas disebutkan, untuk kesehatan berendam di air panas diperbolehkan hanya satu jam. Dalam aturan itu juga disebutkan, berendam dalam air panas perut tidak boleh dalam keadaan kosong. Begitu juga dengan badan kurang sehat tidak boleh berendam di air panas terlalu lama. Bahkan, jika punya penyakit kronis/berat juga dianjurkan tidak berendam.

Asyik juga, ternyata selain rekreasi juga bisa untuk pengobatan berbagai macam penyakit karena sumber air panas dari dalam perut bumi tersebut mengandung belerang. Ternyata berendam dalam air panas mempunyai beberapa manfaat, di antaranya: Tubuh menjadi lebih bersih dan segar. Air panas dipercaya dapat membantu mengangkat kotoran- kotoran serta kelebihan minyak yang menempel di kulit. Jadi dengan mandi air panas, tubuh akan terasa lebih bersih dan segar.

Selain itu, bisa mengendurkan otot yang tegang. Saat berendam dengat air hangat, tubuh bisa merasakan seperti pengganti pijatan lembut. Dengan begitu bisa mengendurkan otot yang tegang dan melancarkan sistem peredaran darah dalam tubuh. Manfaat lain, tubuh menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres. Aktivitas yang padat sehari hari dapat menimbulkan pikiran yang penat dan stres sehingga membuat tubuh menjadi lemah. Dengan berendam dalam air panas, tubuh menjadi lebih rileks dan segar kembali sehingga dapat beraktivitas lagi dengan semangat.

Berendam di air panas bisa menghil- angkan racun dari dalam tubuh. Dengan melakukan terapi mandi air panas akan membantu membuka pori pori pada per mukaan kulit yang tersumbat oleh kotoran, sehingga kondisi tersebut akan membantu proses pengeluaran racun-racun dari dalam

tubuh.

Manfaat terakhir, mencegah insomnia (gangguan tidurj. Insomnia bisa disebabkan oleh stres serta ketegangan otot otot tubuh. Untuk mengatasi kondisi tersebut, tidak perlu mengonsumsi obat tidur, cukup dengan berendam dengan air panas selama beberapa saat akan dapat membantu menghil angkan penyebab gangguan tersebut sehingga nantinya tidur akan menjadi lebih pulas.

Sumber :    Media Informasi Biro Adminstrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Warta BUMD, Edisi: 31 2017 [40-41]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *