Sedekah Bumi, Tembelang


Masyarakat dusun Soka, desa Jatiwates mempunyai tradisi leluhur yaitu sedekah bumi. Hal ini dilakukan pada tiap bulan Maulud hari Jum’at Pahing setelah panen raya. Hal ini didasari atas kepercayaan adanya makam tokoh Majapahit yaitu Sombo.

Dalam tradisi Sedekah bumi ini ada kewajiban yang harus dipenuhi yaitu adanya tontonan berupa wayang klitik dengan lakon “Bujang Ganong” yang menggunakan wayang asli desa Jatiwates yang merupakan warisan leluhur. Disamping itu juga harus ada hidangan masakan kambing yang tidak boleh dicicipi sebelum pertunjukan wayang. Kambing yang dijadikan hidangan minimal berjumlah satu ekor dan kepalanya diletakkan di makam Raden Sombo.

Pertunjukan wayang dimulai sejak pagi hingga menjelang sholat Jum’at. Pada saat itulah diadakan kenduri Sedekah Bumi. Masyarakat Jatiwates yang merantau ke luar daerah biasanya akan pulang saat tradisi Sedekah Bumi ini dilaksanakan.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Profil Wisata Jombang, Disporabudpar Kab. Jombang

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Jombang, Seni Budaya, Wisata dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s