Sendang Made


Sendang ini juga merupakan salah satu petilasan Prabu Erlangga yang sedang melarikan diri, setelah tetirah di gunung Pucangan. Prabu Erlangga melanjutkan perjalanan ke Sendang Made ini dengan menyamar sebagai pengamen. Untuk melepas penat Dewi Sembadra yang merupakan istri dari Prabu Erlangga mandi di sendang ini. Konon setelah mandi Prabu Erlangga dan istrinya Dewi Sembadra serta pengikutnya semakin terkenal. Sehingga saat ini tiap malam Jumat di Sendang Made masih banyak para seniman yang melakukan ritual kum-kum (berendam).

Untuk melestarikan kegiatan ini maka, Pemkab Jombang melalui DISPORABUDPAR. Mengadakan Agenda wisata KUM·KUM SINDEN setiap tahun. Agenda ini dimaksudkan untuk mewisuda para sinden yang telah selesai menempuh pendidikan dan siap berkiprah di dunia seni dengan menyandang galar waranggono atau pesinden.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Profil Wisata Jombang, Disporabudpar Kab. jombang

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Seni Budaya dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s