Batik Khas Probolinggo


-April 2010-

Agus Hariyanto, Menciptakan Batik Manggur Khas Probolinggo

Peluang usaha di sektor industri batik semakin besar seiring meluasnya pengguna kain batik, baik di lingkungan instansi pemerintah maupun masyarakat umum. Kondisi tersebut menarik minat kalangan pelaku usaha kecil menengah di pelbagai kabupaten/kota di Jawa Timur untuk menggeluti bidang perbatikan, meskipun di daerah setempat tidak terdapat usaha batik yang ditinggalkan generasi terdahulu.

Salah satu contoh adalah Kota Probolinggo, dimana usaha batik tulis di wilayah tersebut kini mulai menggeliat. Para pembatiknya menciptakan motif-motif baru untuk mewujudkan kekhasannya melalui pemanfaatan potensi kekayaan sumber daya alam setempat.

Untuk mengupayakan peningkatan penjualan, para pembatik membentuk paguyuban bernama Gacor (istilah untuk burung yang nyaring kicauannya).
Paguyuban beranggotakan 8 pembatik tersebut difungsikan untuk pameran bersama maupun penjualan bersama.

Agus Hariyanto, 42 tahun, merupakan salah satu pengusaha batik tulis sekaligus penggerak terbentuknya paguyuban Gacor di Kota Probolinggo. Lelaki yang tampak enerjik itu menerjuni usaha batik tulis sejak 2008, sesudah mengikuti pelatihan di Dinas Koperasi Energi Mineral Perindustrian Perdagangan   (Diskoperindag) Kota Probolinggo.

Ada beberapa motif yang telah diproduksi dan memasuki pasar antara lain manggur (mangga anggur), pesisiran, seribu taman dan lainnya lagi. “Kesulitan memulai kegiatan usaha batik di Kota Probolinggo adalah tidak adanya usaha ini yang dirintis generasi terdahulu, sehingga kami harus menciptakan motif-motif baru dengan menggali kekhasan yang terdapat di lingkungan kota ini,” ujarnya tatkala ditemui di tempat usahanya, belum lama ini.

Di Kota Probolinggo dikenal dengan potensi tanaman mangga dan anggur, maka buah yang segar itu diangkat menjadi produk batik. Demikian pula, letaknya yang berada di pinggir pantai utara Jawa (pantura) mengilhami para pembatik. Di kota tersebut juga terdapat aneka taman.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Lensa, Potret Koperasi dan UMKM di Jawa Timur, EDISI  April 2010,

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Probolinggo [Kota], Seni Budaya, Sentra, Th. 2010 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Batik Khas Probolinggo

  1. siti berkata:

    asslmualaikum..,saya mau tnya tentang batik manggur,apa ada corak dgn motif wrna hijau,dan dimana saya bs beli..? klo di jkrta dimana? trm ksh

  2. snn berkata:

    asslmu alaikum batik problinggo yg kualitas bagus sampe di harga brapa? thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s