Museum Kesehatan


-Mei 2010-
MUSEUM KESEHATAN
Jl. Indrapura No. 17 Surabaya
Phone: +62 313528748, Fax. +62 31 3528749


Segala hal berkaitan dunia kesehatan yang dipamerkan di museum yang diresmikan pada 2004 ini tidak melulu menyangkut teknologi kesehatan modern. Sebagian besar justru berkaitan dengan budaya kesehatan yang berkembang di tanah air. Alat-alat dan tradisi pengobatan yang dilakukan orang jaman dulu di penjuru nusantara, hampir semua ada di sini. Benda-benda itu sekaligus mengingatkan generasi penerus tentang budaya kesehatan yang pernah hadir di Indonesia, walaupun mereka tidak pernah mengalami.

Ratusan benda koleksi itu dipajang di sasana sesuai kategorinya. Di sasana Adhyatrha memajang koleksi almarhum dr. Adhyatma MPH sewaktu menjabat Menteri Kesehatan RI (1988-1993). Di ruang sasana Kencana dipamerkan berbagai benda bersejarah berupa tanda jasa, lencana dari logam mulia ,surat tanda penghargaan dan sebagainya yang terkait perjuangan upaya kesehatan. Di ruang ini pula dipaparkan sejarah dan profil perintis museum kesehatan.

Sasana Kespro memamerkan berbagai peralatan terkait kesehatan reproduksi. Salah satunya ada wadah berbagai bentuk dan bahan untuk menyimpan ari-ari. Ada pula kursi antik dari Madura untuk wanita sehabis melahirkan atau nifas. Di sasana Genetika dipamerkan berbagai sarasilah dan silsilah garis keturunan yang erat kaitannya dengan ilmu genetika dari suatu trah atau dinasti. Di sini terdapat sarasilah dari keluarga berbagai kerajaan di Indonesia.

Bagian yang unik antara lain terdapat di sasana Kesehatan Budaya. Di ruang ini tergambar jelas betapa upaya kesehatan berdasar kepercayaan atau supranatural dan dunia gaib merupakan realitas budaya yang telah ada dan berkembang sejak jaman dulu. Pengobatan berbau mistik dan gaib menemukan penjelasan ilmiahnya disini. Berbagai hasil penelitian ilmiah yang sudah dibukukan digantung pada sisi-sisi etalase pamer.

Selain sasana Medik dan non Medik yang memajang peralatan kesehatan modern dari waktu ke waktu, terdapat sasana Fauna. Di sasana ini dipertontonkan betapa banyak binatang yang memiliki kandungan untuk pengobatan. Ada binatang pembawa penyakit, tapi lebih banyak lagi binatang yang berfungsi untuk obat dan pengobatan.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : SURABAYA City guide,  Suara Surabaya Media, Edisi Mei 2010, hlm. 11.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Seni Budaya, Surabaya dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s