Batik Ponorogo


-(2009)-
 PERKEMBANGAN batik di Ponorogo tak lepas dari riwayat tentang Batoro Katong. Konon, di daerah Batoro Katong, ada seorang keturunan dari kerajaan Majapahit yang namanya Raden Katong yang merupakan adik Raden Patah. Batoro Katong inilah yang membawa agama Islam ke Ponorogo dan sekaligus mengajarkan seni batik. Selain itu, ada juga nama Kyai Hasan Basri, menantu raja kraton Solo yang sangat berperan dalam penyebaran batik di Ponorogo.

Daerah perbatikan lama yang bisa dilihat sekarang ialah di daerah Kauman (sekarang Kepatihan Wetan), Desa Ronowijoyo, Mangunsuman, Kertosari, Setono, Cokromenggalan, Kadipaten, Nologaten, Bangunsari, Cekok, Banyudono dan Ngunut. Corak dan motif batik Ponorogo banyak mengangkat tema flora dan fauna yang motifnya condong ke Solo dan Jogjakarta. Motif-motif itu di antaranya adalah latar ireng reog, sekar jagat, djarot asem, klitik dan sebagainya. Untuk warna dasarnya lebih cenderung gelap.

Salah seorang pengrajin batik, Mariana (60) mengatakan, batik Ponoogo terkenal dengan motif meraknya. Motif ini terilhami dari kesenian reog yang menjadi ikon di daerah Ponorogo. Mariana sendiri selama kiprahnya menekuni batik sejak awal 1980-an, telah menciptalan sedikitnya 25 motif batik asli Ponorogo. Di antara sekian motif tersebut yang paling terkenal adalah motif Merak Tarung, Merak Romantis, Sekar Jagad dan Batik Reog.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit No. 12.312/19-03-2010 – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: ZONABIS, Media Informasi Kadin Wilayah Tengah, Volume II, (2009).

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Ponorogo, Seni Budaya, Sentra dan tag , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Batik Ponorogo

  1. Pardicukup berkata:

    saya orang Ponorogo, saya cinta batik Ponorogo.

    semoga semakin sukses!!!

  2. Lisa Sidyawati berkata:

    muat dong batik yang pertama kali muncul di ponorogo sampai sekarang…

  3. batik madura berkata:

    Wooowww.. keren dan lengkap infonya..!! berbagai macam corak batik sudah bisa kita ciptakan, tinggal kita sebagai penerus bangsa indonesia harus bisa menjaganya agar tidak ada pengakuan budaya batik oleh bangsa lain lagi. batik adalah kebudayaan negara indonesia semoga makin berkebangpesat dan mendunia…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s