Quiksilver Australia Merajai Plengkung


-September-Oktober 2003-

Usai sudah Banyuwangi G-Land International Team Challenge 2003 (Jatim News edisi 17). Tak jauh dari prediksi semula, Quiksilver International masih mendominasi kejuaraan selancar dunia di Pantai Plengkung itu.

Hasil akhir beregu, Quiksilver dari Australia meraih poin tertinggi, menyabet juara pertama. Disusul Da-Hui dari Hawai, dan tim Olas dari Brazil. Hal yang mengesankan, Indonesia mampu menunjukkan kelasnya ketika Made Adi Putra pada nomor perseorangan meraih peringkat tiga di bawah Jonah Morgan (Hawai) dan Demon Harvay (Australia).

Sukses kejuaraan selancar dunia tersebut berdampak positif. Khususnya dalam upaya mengubah pandangan dunia terhadap keamanan Nusantara. “Dari lokal Banyuwangi, kami ingin tunjukkan bahwa Indonesia aman,” kata Bupati Banyuwangi, Ir Samsul Hadi, seusai membuka kejuaraan selancar internasional itu. “Indonesia bukan hanya Bali dan Jakarta,” tegas dia.

Saat open ceremonial (9/9) Bupati melepas tukik (anak penyu) di Pantai Plengkung, dan beberapa ekor menjangan di belantara Alas Purwo. Hal itu sebagai bukti, bahwa terbukanya Pantai Plengkung masih tetap mempertahankan kelestarian Taman Nasional Alas Purwo.

Banyuwangi telah membuat loncatan besar dalam mengembangkan kepariwisataan. Kekayaan potensi alam serta kemauan pemerintah kabupaten setempat sungguh tampak. Dukungan seluruh jajaran ditunjukkan dengan tumplek blek (berdatangan) di Plengkung, saat pembukaan dan penutupan. “Jika Bali butuh tiga puluh tahun menjadi sentra pariwisata Indonesia, Banyuwangi hanya butuh lima belas tahun. Tergantung kemauan semua pihak,” komentar Soedjanto, pemilik Hotel  Ijen  Resort.

Banyuwangi memang diproyeksikan  sebagai pintu masuk Jatim di belahan timur. Sejumlah sarana penunjang pariwisata mulai bermunculan. Paling gress, proyek pembangunan lapangan terbang di Blimbingsari yang telah disetujui pemerintah pusat. Promosi pun tiada henti. “Tari Gandrung sudah beberapa kali ke Cina,” tegas Asma’i Hadi, Kepala Disparta setempat. Azmi

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Jatim News, Tabloid Wisata Plus, EDISI 19, 26 September -10  Oktober 2003, Tahun I

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Banyuwangi, Wisata, Wisata Alam dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s