Menanti Tradisi Kediri


-Juni 2009-

Sebagai sebuah wilayah yang memiliki akar sejarah kuat, Kabupaten Kediri menyimpan banyak potensi seni dan budaya. Sebagian dipengaruhi kultur kerajaan-kerajaan besar masa lalu, mulai dari Kerajaan Kadiri hingga Majapahit, selebihnya hasil inovasi masa kini yang tetap saja tak mau beranjak dari akar budaya lokal.

Di luar itu, Kabupaten Kediri merupakan daerah potensial di segi ekonomi, karena dinamika industri dan perdagangannya yang cukup kuat. Dalam beberapa tahun terakhir, konsep pemberdayaan ekonomi rakyat yang digagas Bupati Kediri, Ir. H. Sutrisno, mampu mengembangkan sektor industri rumahan seperti keripik buah, sale pisang, keripik tempe, dan lain sebagainya. Kabupaten Kediri juga terus mengembangkan potensi industri non pangan seperti kerajinan dari tempurung kelapa, gerabah seni, kerajinan interior rumah, bahkan bordir.

Melihat potensi yang luar biasa ini, sejak tahun 2005, kami menggelar Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri. Acara yang telah menjadi agenda tahunan ini biasanya digelar di kawasan Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri.

Disinilah para wisatawan dapat dengan nyaman menikmati berbagai rangkaian agenda yang disajikan. Karena di tempat itu pula terdapat lapangan luas dan memadai dengan banyak fasilitas.

Dampaknya pun kian terasa bergelora. Mulai dari jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat, hingga di sisi lain, mampu membuat para seniman di Kediri makin terbiasa untuk unjuk karya dan melakukan manajemen internal secara profesional. Secara performa mereka bisa tampillebih baik dan siap melayani undangan dari daerah-daerah lain. Beberapa kali, mereka diundang untuk datang ke daerah lain untuk membawakan atraksi seni khas Kabupaten Kediri.

Pemberdayaan Ekonomi
Pekan budaya dan pariwisata Kediri bisa dibilang sebagai sebuah tradisi awal yang mampu mengoptimalisasi aset seni, budaya, dan pariwisata, yang pada gilirannya bisa menumbuhkan semangat pemberdayaan ekonomi rakyat.

Tak salah, karena pada event ini dijadikan ajang promosi aset daerah. Seperti produk-produk kerajinan, pariwisata, dan lainnya. Bahkan yang cukup membanggakan beberapa produk khas KabupatenKediriseiring waktu berjalan, sudah mulai banyak dipasarkan di daerah lain.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Easjava Traveler, Etalase Wisata Jawa Timur, EDISI 29, Tahun II, Juni 2009, Hlm. 3.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kediri, Wisata, Wisata Khas dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s