Patung Joko Dolog


-2008-
Tidaklah sulit menemukan patung Joko Dolog Patung ini berada di pusat kota Surabaya, tepatnya di Taman Apsari. Apa dan bagaimana kisah tentang keberadaan patung ini, dapat dilihat pada prasasti yang dibuat pada tahun 1211 Caka (1289 M) yang ditemukan di Pemakaman Wurarare (Lemahtulis), kediaman Mpu Bharaddah di Desa Kedungwulan Nganjuk, atau dapat menanyakannya langsung kepada juru kunci yang menjaga patung ini.

Patung Joko dolog dibuat untuk menghormati Raja Singosari, Kertanegara, Putra Raja Wisnu Wardhana. Posisi patung yang duduk bersemedi seperti berbicara, tentang Raja Kertanegara yang terkenal dengan kebijaksanaan dan pengetahuannya di bidang hukum. Selain juga dengan cita-citanya yang ingin mempersatukan kerajaan yang ada di Indonesia. Patung ini semula berada di Candi Jawi Malang namun kemudian dipindahkan ke Desa Kandang Gajah Trowulan oleh Raja Majapahit. Pada pemerintah Residen De Salls, patung ini dipindahkan ke Surabaya (1827). Patung ini dianggap keramat oleh sebagian penduduk. Sehingga tak heran jika banyak orang mengunjungi dan memberikan penghormatan.
Obyek ini dilengkapi dengan areal parkir yang cukup luas sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang membawa kendaraan.
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Keliling Surabaya, Humas KMS, hlm. 14, Deposit : D13-CB (C) 2008-02.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Surabaya, Wisata, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s