SIOLA, White A way


-(2008)-
REK AYO REK MLAKU-MLAKU NANG TUNJUNGAN

Di ujung utara kawasan jalan Tunjungan tepatnya di perempatan antara Jl. Tunjungan sebelah selatan, Jl. Gemblongan sebelah utara, Jl. Genteng Kali sebelah timur dan Jl. Praban sebelah barat, terdapat gedung Siola atau dahulu bernama White A way.

Dari atas gedung inilah dahulu para pejuang Surabaya menahan serangan Sekutu yang datang dari utara. Akibat pertempuran yang sengat sengit antara pejuang Indonesia dengan pasukan Sekutu, maka pada tanggal 10 November 1945,  setelah tiga minggu lamanya terjadi pertempuran di Kota Surabaya, pihak Indonesia terpaksa meninggalkan Kota Surabaya. Sebelum meninggalkan Kota Surabaya para pejuang telah melakukan bumi hangus, sehingga pihak Inggris ketika menguasai kota tersebut tinggal menemukan puing-puing Kota Surabaya. Termasuk gedung Siola ini terbakar habis, dibumi hanguskan oleh pejuang Surabaya.

Berkat kekompakan antara pemerintah, militer dan rakyat dan semangat juang bangsa Indonesia yang tinggi, maka pihak Inggris hanya  dapat maju sedikit demi sedikit. Akhirnya pada 14-11-1945 mereka baru dapat menyusup ke Pasar Turi di sebelah barat, belakang Kantor Gubernuran, di sebelah tengah dan ke dalam stasiun Semut di sebelah timur. Bahkan setelah bantuan pasukan sukarelawan dari luar Surabaya datang pada 15-11-1945 pihak Inggris didesak mundur sampai di sekitar Dupak, di sebelah barat, belakang Gedung Internatio, di sebelah tengah, dan Pegirikan di bagian timur. Pertempuran semakin menghebat dan pada 23-11-1945 mencapai puncaknya. Pada tanggal tersebut boleh dikatakan Kota Surabaya sudah berada kembali di tangan Arek-Arek Suroboyo. Akibatnya, untuk menebus kekalahan itu pihak Inggris lalu melakukan pengeboman dan serangan-serangan yang makin dahsyat ditujukan kepada pertahanan rakyat Surabaya.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Keliling Surabaya, Humas KMS, hlm. 19, Deposit : D13-CB (C) 2008-02.
.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Surabaya, Wisata, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s