Sodoran


-2011-
Tarian Sodoran salah satu dari ragam tarian khas masyarakat tengger ini merupakan sebuah tari klasik tradisional dan religius, sodoran bentuk tari mempunyai kandungan nilai luhur, filosofis yang dalam serta simbolis.

Karena bersifat klasik dan religius, maka tarian ini hanya bisa   disaksikan saat hari raya Karo atau disebut juga Pujan Karo adalah suatu perayaan terbesar yang dilakukan setahun sekali, tepat bulan Karo tahun Saka, Tari yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan ritual dalam perayaan Karo ini merupakan tarian sakral khas masyarakat Tengger yang melambangkan asal-usul manusia.

Menurut kepercayaan wong Tengger manusia itu berasal dari Sang Hyang Widi Wasa dan mereka akan kembali kepada-Nya, Manusia berasal dari tanah maka mereka akan kembali ke tanah juga, Bila kita menyimak dari uraian di atas maka dapat dikatakan bahwa fungsi dari tari Sodoran sebagai kepentingan ritual adat-istiadat, sehingga gerakan-gerakannya banyak rnengandung gerakan bermakna, gerakan yang mengandung arti.
Seni tari Sodoran khas masyarakat Tengger ini mengandung nilai religius, tarian yang bersifat sakral ini mengandung makna tertentu, Salah satu contoh makna gerakan tari ini adalah ketika para penari mengangkat jari telunjuk, artinya penunjukkan tersebut mengandung makna simbol terjadinya manusia pertama, bahwa manusia itu berasal dari purusa dan pradana. Purusa dan pradana merupakan sebab pertama (cikal bakal) dari alam semesta yang sifatnya kekal abadi. =Who=

Catatan: Sujarwo, Putakawan Jawa Timur, 2011.
Bahan bacaan: koleksi Deposit Badan Perpuatakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Probolinggo, Seni Budaya dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s