Situs Calonarang; Kabupaten Kediri


Situs dan Benda cagar Budaya di Kabupaten Kediri dilindungi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1992 tentang Benda cagar Budaya dengan ancaman Hukuman Penjara atau denda bagi setiap pelanggarnya.

Situs Calonarang berada di Desa Sukoreja, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.  yang terletak di sebelah timur laut Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, situs ini dipercaya oleh masyarakat sebagai petilasan dari Calonarang atau lebih dikenal sebagai Janda Girah.

Tokoh Calonarang muncul pada masa pemerintahan Raja Airlangga, Diceritakan dalam legenda bahwa Calonarang telah menebar penyakit di seluruh Kerajaan sebagai akibat sakit hatinya terhadap Raja Airlangga karena tidak mau mempersunting anaknya yang bernama Ratna Manggali.

Di akhir ceritanya Calonarang dapat dikalahkan oleh Mpu Bharada melalui perantaraan muridnya yang bernama Empu Bahula. Situs calonarang ini memiliki artefak berupa umpak batu (batu sebagai landasan tiang penyangga rumah), batu ambang pintu serta fragmen bata kuno.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:    Profil Kebudayaan Kabupaten Kediri. Kantor Parsenibud Kabupaten KediriKabupaten Kediri, 2006. 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kediri, Sejarah, Wisata, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s