Watu gajah, Situs Kabupaten Kediri


Kekayaan ragam budaya yang berkembang di Kabupaten Kediri perlu untuk dilestarikan agar dapat diwariskan kepada anak cucu kita. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita semua baik individu, organisasi maupun instansi untuk selalu berperan aktif dalam pelestariannya sehingga budaya Kediri tidak mati di rumah sendiri.

Situs dan Benda cagar Budaya di Kabupaten Kediri dilindungi oleh Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1992 tentang Benda cagar Budaya dengan ancaman Hukuman Penjara atau denda bagi setiap pelanggarnya.

Arca Watu gajah ini terletak di Dusun Karang Dinoyo, Desa Kepung, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Arca Watu gajah ini digambarkan sedang berdiri menghadap ke arah barat dengan diapit oleh anaknya di sebelah kanan dan tokoh manusia sedang  menuntunnya di sebelah kiri. Dari penggambarannya diperkirakan arca ini belum selesai dikerjakan (Unfinished Statue).

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:    Profil Kebudayaan Kabupaten Kediri. Kantor Parsenibud Kabupaten KediriKabupaten Kediri, 2006. 

 

 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kediri, Sejarah, Wisata, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Watu gajah, Situs Kabupaten Kediri

  1. Nuwun sewu, situs Watu Gadjah kayaknya terletak di Desa Sumberbage, Kecamatan Puncu, Pare, Kediri bukan di Karangdinoyo, Kepung. Monggo dipun cek malih…. Kalau lihat fotonya itu situs Watu Gadjah di Desa Sumberbage… (Pak Ilyas – Gedangsewu – Pare)

    • Terima kasih info dan partisipasinya. Kalau ditilik dari Keberadaan Pak Ilyas, yang berdomisili di dekat TKP, kami sangat percaya. Namun Artikel yang kami tampilkan berasal dari sumber data kami: Profil Kebudayaan Kabupaten Kediri. Kantor Parsenibud Kabupaten Kediri, Kabupaten Kediri, 2006 (www.pariwisatakabkediri.com) dan Profil Kepurbakalaan Cagar budaya Kabupaten Kediri, Disbudpar Kabupaten Kediri. Kami belum mendapat data yang sesuai Bapak maksud. Mohon maaf, kalau ada kesalahan.

  2. budi berkata:

    Pak Muhammad benar. Itu situs watu gajah di areal perhutani dekat dusun Sumberbage kec. Puncu.Sewaktu kecil saya sering main ke tempat itu karena saya tinggal di dusun Dorok 1,5 km sebelah timur situs watu gajah. Setahu saya tidak ada situs watu gajah di Karangdinoyo,yang jaraknya cuma 4 km dari desa saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s