Candi Pasetran


Candi Pasetran juga terletak di Desa Wotanmas Jedong, Kec. Ngoro, Kab. Mojokerto. Yakni di sebelah kiri jalan masuk desa. Letaknya sekitar 300 meter selatan Candi Jedong. Ada aura magis berada di dalamnya. Bagi orang yang berkecimpung dengan dunia olah kebatinan, boleh jadi tempat ini cocok. Tidak banyak informasi yang dapat digali dari candi Pasetran yang tepat menghadap Gunung Penanggungan ini. Candi tersebut terbuat dari batu bata Bangunannya tersusun dari batu bata merah, dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Bangunan seperti tembok keliling, dengan pintu di utara dan atap terbuka. Di dalam ruangan itu terdapat sejumlah batu. Bangunan ini berada dekat kuburan kampung.

Di luar candi dikelilingi pagar kawat berdiri. Diperkirakan, bangunan ini sebagai tempat untuk pemujaan. Di dalamnya terdapat sejumlah obyek seperti arca. Berdasarkan gaya arsitekturnya, candi Pasetran termasuk jenis Candi Batur. Di sekitar candi, masih berserakan batu bata merah, menunjukkan bahwa dulu juga terdapat bangunan lain.

Diperkirakan, candi ini dulu sebagai tempat untuk pemujaan atau tempat mayat. Makanya disebut candi Pasetran. Berasal dari kata Setra, merupakan istilah yang digunakan umat Hindu untuk menyebut makam atau kuburan. Meskipun beberapa bagiannya sudah rusak, tapi berkat perawatan dari penjaga keadaan candi ini sangat asri dengan tamannya yang terawat rapi.

Untuk melindungi dari tangan-tangan jahil, bangunannya dikelilingi pagar kawat berduri. Jadi bila mau masuk ke dalam, harus ijin dulu ke penjaga yang ada di candi Jedong. Disarankan untuk mengunjungi candi ini ketika musim hujan, saat tanaman dan bunganya lagi subur-suburnya

Jangan lupa, meskipun tidak ditarik biaya untuk masuk ke dalam candi Pasetran, kalau tidak keberatan, berilah “oleh-oleh” buat penjaga.  Karena berkat jasa penjaga inilah candi-candi dikawasan Desa Watonmas  Jedong terpelihara dan terawat dengan baik. (bdh)

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Derap Desa. Desaku Menatap Dunia, Edisi XXXXI, Maret 2011. hlm.48

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Mojokerto, Wisata, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s