Teh Hitam Rolas, Lawang-Malang


Teh Hitam Rolas, Pesona Wisata Agro Wonosari

Hamparan hijau seluas 601 hektare itu ditumbuhi pohon teh. Sangat  lebat. Gunung Arjuno menjadi latar belakang pemandangan. Hawa sejuk dengan aroma daun teh menyelimuti kawasan perkebunan berketinggian 950-1.250 meter dpl itu. Kelembaban udara berkisar 60-90 persen, menambah rasa selalu segar di badan.

Itulah kondisi objek Wisata Agro Wonosari (WAW) di Desa Wonosari, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. WAW di kawasan Malang Utara itu mudah diakses. Cuma sekitar 6 km ke arah barat dari jalan poros Surabaya-Malang, tepatnya dari Pasar Lawang. Perjalanan dapat ditempuh hanya dengan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum menuju perkebunan teh yang dikelola PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII itu.

Meski muncul angkutan ojek, tapi kurang efektif untuk melayani membludaknya pengunjung ke WAW Kondisi badan jalan relatif sempit, selebar 6 meter. Kualitasnya pun jauh dari sempurna. Menanjak, banyak tikungan tajam, bergelombang, bahkan tidak sedikit yang berlubang. Bertolak belakang dengan badan jalan di kawasan perkebunan yang relatif lebih baik dan terawat. Padahal, Pemkab Malang tidak Sedikit meraup rupiah dari sektor restribusi dan pajak PTPN XII.

Data kunjungan wisatawan ke KTW menyebutkan adanya peningkatan kunjungan yang signifikan. Sejak dikembangkan sebagai wisata agro tahun 1993, angka kunjungan meningkat tajam saban tahun. Tahun pertama, kunjungan wisatawan baru mencapai 4034 orang. Namun, akhir 2003 tercatat 226.716 wisatawan. Data 2004 hingga akhir Mei saja sudah menembus angka 78.718 wisatawan. Pastilah musim liburan (Juni-Juli) booming.

Fasilitas
Daya tarik agrowisata di Kecamatan Lawang itu sangat beragam. Panorama alam, itu pasti. Banyak aktifitas rileks yang dapat dilakukan di alam terbuka bersuhu dingin tersebut. Diantaranya jogging, tracking, fun bike, dan rally. Tentu, rutenya cukup mengelilingi perkebunan teh itu. Sarana penunjang juga memadai. Ada kolam renang, tempat bermain anak-anak, penginapan, aula, dan restoran. Penyajian paket agrowisata di kawasan Malang Utara itu semakin menarik ketika wisatawan diperbolehkan mengamati proses produksi teh. Mulai dari proses tanam hingga siap edar.

Produk dengan merek Teh Rolas telah menembus pasar  internasional, Kemasan cantik, plus banner teh hitam, sangat cocok dengan rasanya yang khas. Paling banyak ekspor ke Belanda. Meski banyak memenuhi pangsa luar negeri, wistawan yang berkunjung dapat menikmati sajian teh hitam Rolas. Rolas (Jawa) berarti duabelas, mewakili nama PTPN duabelas (XII). Nama sederhana yang menjadi merek dagang. Lumayan keren. Diakui, selama ini pemasaran objek wisata agro tersebut belum dikemas dalam promosi besar-besaran. Sementara, hanya dari mulut ke mulu. Namun, promosi ringan tetap dilakukan oleh PTPN XII. Mulai dari menciptakan suasana familiar dalam menjamu wisatawan, membuat brosur, hingga souvenir teh dalam kemasan kecil bagi yang menginap.

Objek wisata agro milik PTPN XII itu hanyalah salah satu objek dari sejumlah objek wisata sejenis di Jatim yang dapat dikembangkan sebagai tujuan wisata. Back to nature kian menggejala kini. Artinya, adalah fakta ada kecenderungan wisatawan makin berminat mengunjungi objek wisata alam. Realitas ini, semestinya, harus ditangkap sebagai peluang. Naskah dan foto : Azmi.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Jatim News, Tabloid Wisata Plus, Edisi 36, 09 -22 Juli 2004,Th. II

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Malang, Wisata, Wisata Khas dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s