Suramadu, Wisata Apung


Menikmati Wisata Apung Suramadu

Makan malam di sebuah restoran merupakan suatu hal yang biasa namun pernahkan anda menikmati sua sana makan malam sambil terapung di tengah laut. Informasi berikut barangkali menjadi alternatif bagi anda yang ingin makan malam dengan suasana berbeda, lokasinya di selat Madura yang terhubung dengan kota maritim Surabaya melalui jembatan Suramadu sepanjang 5,4 kilometer.

Kinarya Bahari, itulah sebutan wisata alternatif terapung dengan menggunakan kapal Ferry yang menyusuri perairan selat Madura. Sambil menikmati makan malam yang diiringi alunan musik syahdu serta suasana cahaya jembatan terpanjang di asia tenggara tersebut, anda akan merasa dimanja karena merasakan suasana berbeda dengan makan malam di tempat lain. Kinarya Bahari juga membebaskan penumpang untuk memilih tempat dan suasana santai di dalam ruangan kapal. Atau duduk di luar sambil menikmati sajian live musik dan indahnya lampu jembatan suramadu. Para penikmat wisata terapung di perairan Suramadu, di jamin merasakan suasana baru yang sangat mengesankan. Selain suasana pemandangan cahaya lampu kapal, lampu yang menyinari tiang penyangga, dan badan jembatan Suramadu sangat indah.

Karena indahnya moment ini, tidak sedikit diantara peserta yang mengabadikan gambar, atau menjadikan suasana malam jembatan Suramadu ini sebagai latar untuk foto pribadi. Wisata baru ini adalah bagian dari usaha pemilik kapal Ferry yang sebelumnya melayani penyebarangan ujung-kamal. Karena jumlah penumpang merosot drastis menyusul dioperasikannya jembatan Suramadu, pemilik kapal Ferry kemudian mempunyai ide untuk membuka usaha ini. Pemilik usaha kapal Ferry melihat wisata ini adalah peluang usaha pariwisata alternatif, sekaligus menghidupkan suasana malam di sekitar jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Kapal Ferry KMP Wicitra Dharma yang di gunakan sebagai media wisata terapung sebenarnya mampu mengangkut 500 orang. Namun, untuk kenyamanan, dibatasi tidak lebih dari 300 orang.

Berbedadengan wisata darat yang permanen, sajian musik, atau hiburan, dan makan malamnya, sangat fleksibel. Penikmat  wisata ini bisa konsultasi dengan event organizer, acara apa saja yang diinginkan, dan itu bisa disesuaikan dengan biaya telah disepakati sebelumnya. erangi jembatan Suramadu menjadi pemikat para pengguna jembatan maupun penumpang kapal Fery yang melintas di bawahnya. Karena keindahannya itulah, Gubemur Jatim Dr H Soekarwo bersama Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) terdiri dari Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Kajati, Pangarmatim, dan tokoh masyarakat Jatim, yang akan menghabiskan atau menyongsong datangnya Tahun Baru 2011 di atas Jembatan Suramadu.

Asisiten III Bidang Kesejahteraan Masyarakat Sekdaprov Jatim, Dr Edi Purwinarto mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Pemprov Jatim dalam menyongsong datangnya tahun baru 2011 akan dilakukan di Jembatan Suramadu. Sebelumnya tahun baru selalu disambut di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Meskipun kegiatan itu dipusatkan di Jembatan Suramadu, namun, lanjut Edi, pada jarak 1 km dan 2,5 km sisi Jembatan arah Madura masing-masing juga digelar panggung hiburan Musik. Di samping itu pada sisi Surabaya tepatnya di Taman Kenjeran juga digelar panggung hiburan musik. Hal itu sengaja digelar untuk mengurangi arus pengunjung membanjiri Jembatan. “Penyambutan datangnya Tahun Saru Masehi ini, hampir di seluruh kota-kota besar dilakukan acara khusus, bahkan di beberapa kota lengkap dengan hiburan, terompet, dan pembakaran kembang api ,” kata Edi.

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Bhirawa, Mata Rakyat Mitra Birokrat, Jumat, Pon, 26 Nopember 2010


Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Surabaya, Wisata dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Suramadu, Wisata Apung

  1. Ping balik: Desain Rumah Apung | Kumpulan Cara dan Pengetahuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s