Skimboarding, Sampang


Ada Skimboarding di Sampang, menyenangkan: Salah satu pemain skimboardlng saat berselancar di atas laut yang bergelombang. Olahraga skimboarding tidak hanya berada di laut luas dengan ombak yang agak tinggi. Tetapi di Sampang, benih-benih olahraga ini mulai dirintis dan atlet bermain di sisi selatan pantai wiasata Camplong, Sampang.

Untuk diketahui, olahraga ini dinilai menyenangkan dan adiktif. Sekali belajar bagaimana melakukan trik pertama, seseorang memiliki kecendrungan untuk kembali belajar. Olahraga skimboarding menantang dan tidak dilakukan kecuali jika telah menguasai sejumlah langkah yang lebih mendasar.  Karena olahraga ini berbahaya, berhati-hati dan akal sehat skimboarding sementara.

Olahraga ini dilakukan di pantai bahkan dapat dilakukan di selat yang minim ombak. Pola permainan ini bermodalkan papan luncur yang cukup dimainkan di bibir pantai tanpa periu ombak besar. Bahkan, permainan ini dapat di atas laut yang bahkan nyaris tanpa gelombang. Di Sampang, mulai terbentuk komunitas pemain skim boarding. Tidak hanya baru, tapi komunitas itu juga tergolong unik dan menarik. Unik karena permainan itu hanya menggunakan papan seluncur dan menarik lantaran permainan tersebut bermodalkan keberanian berselancar di atas air, di selat Madura sisi selatan pantai ria Camplong.

Sisi lain, permainan tersebut termasuk yang pertama di Sampang. Tidak hanya di Kota Bahari Sampang. Sesuai dengan namanya, Skimboarding memiliki arti papan seluncur. Sehingga untuk memainkan permainaan menarik itu tidak membutuhkan banyak biaya. Caranya, hanya dengan modal papan seluncur. Dengan modal itu, siapapun bisa mencoba untuk bermain Skimboarding. Modalnya cukup memiliki keberanian, seperti dituturkan Moh. Imron Sjaifuddin, perintis permainan ini di Sampang.

Kini, komunitas yang didirikan Imblo (sapaan Imron Sjaifudidn) sudah memiliki puluhan 20 kader yang mahir bermain Skimboarding. Dari para pemain tersebut, kemampuannya bertingkat-tingkat. Skimboarding memiliki 5 tingkat trik permainan. Pertama trik three sixty atau papan berputar 360 derajat. Trik kedua, tumpuan kaki dengan tangan jadi satu atau dikenal dengan fire hydrant. Yang ketiga, memutar papan ala skateboard atau akrab disebut shove it. Sementara trik keempat adalah ollie.Trik dengan meloncat dan papan terbang sekaligus dengan si pemain. Yang terakhir adalah head standing, trik dengan kepala pemain sebagai tumpuan.

Lumrah bagi orang awam untuk lebih mengenal surfing daripada skimboarding ini. Selain karena surfing lebih akrab di telinga kita, skimboarding juga tergolong permainan baru, khususnya di negeri ini. Apalagi permainan ini hanya berkembang massif di pantai-pantai yang bukan merupakan tujuan wisata, seperti Madura ini. Perintis ini mengakui telah banyak merangkul anak muda Sampang untuk menemukan dunianyadi skimboarding. Mencoba untuk membuat sejarah skim board di pulau garam dengan terus bergulat dengan papan luncurnya. Untuk jangka panjang, olahraga yang baru hadir di Sampang ini diharapkan bisa akrab dan lebih mudah memasyarakat di Madura seperti halnya olahraga surfing di daerah lain. (*)

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SAREKDA, Jawa Timur, edisi: 012, 2011.

SULUH MHSA, Edisi. VI, Nopember  2 011, hlm. 36

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sampang, Wisata, Wisata Alam, Wisata Olahraga dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Skimboarding, Sampang

  1. imblo berkata:

    saya imran/imblo. silahkan klo memang antusia berbagi hati dengan saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s