Candi Bajang Ratu


Candi Bajang Ratu berlokasi di Desa Temon, Kecamatan Trowulan,  Kabupaten Mojokerto. Jarak dari kota Surabaya lebih kurang 72 km. Untuk menuju ke lokasi tersebut dapat dicapai dengan mudah, baik kendaraan pribadi mobil ataupun roda 2. Jika naik transportasi umum baik bus atau yang lain dari simpang empat Trowulan, selanjutnya dapat mencapai ke sana hanya ojek dengan harga yang terjangkau.

Gapura Bajang Ratu berbentuk Paduraksa (gapura beratap), mempunyai sayap di kanan dan kirinya. Terbuat dari bata kecuali lantai dasarnya terbuat dari batu. Berukuran tinggi: 16.1 m, panjang 11 m dan lebar 6.7 m. Relief yang menghiasi gapura dari atas ke bawah antara lain berupa mata satu, kepala garuda, matahari diapit naga, kepala kala diapit singa, binatang bertelinga panjang. Adapun relief yang bermakna cerita adalah relief Ramayana dan relief Sri Tanjung yang dipahatkan pada bagian sayap.

Gapura Bajang Ratu dihubungkan dengan Prabu Jayanegara, Raja kedua Majapahit, yang meninggal dalam keadaan belum beristri (bujang). Sehingga fungsi yang sebenarnya bukan sebagai pintu masuk menuju keraton Mojopahit melainkan menuju ke suatu bangunan suci, tempat  perabuan Prabu Jayanegara.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pusaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Informasi Priwisata Kabupaten Mojokerto: DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MOJOKERTO, Juni 2011, Mojokerto, 2011

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Mojokerto, Wisata, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Candi Bajang Ratu

  1. bagus banget candinya jadi pengen k sana lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s