Jaran Kencak, Lumajang


‘Jaran Kencak’ Memukau Penontan’ 
Gelar Seni Tradisional Museum Negeri Mpu Tantular Jatim

Melihat permainan songkok pada penampilan tarian tradisional Jaran  Kencak ‘Sampurna Jaya’ dari Kab. Lumajang, sangat memukau penonton. Bahkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur bersama jajaranya mengaku sangat terkesan.

Begitu juga para penonton yang telah memadati halaman Museum Negeri Mpu Tantular Jawa Timur sejak pagi, Minggu(27/5). Gema sorak sorai yang disertai tempuk tangan yang terus membahana membuat penari Jaran Kencak semakin semangat.

Usai dibuka oleh Kepala Disbudpar Jatim, Jaran Kencak langsung mengawali gerak tari pecut cemeti oleh remaja putri. Selanjutnya, satu ekor kuda yang menjadi icon, karena sangat menurut dengan pemiliknya, bergerak dan menari bersama tari songkok dan tari ular, serta dua ekor kuda yang dipenuhi hiasan/pernik simbul kebudayaan zaman dahulu. “Sebelum tampil di halaman, tarian ini juga diarak keliling kampung  Tujuannya agar museum lebih dikenal masyarakat,” jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis Museum Drs. Gunawan Pontjo Putro.

Usai melihat pagelaran, Ka Disbupar Jatim Dr. H. Jariyanto, M.Si yang didampingi Kabid PSDP Agus Supeno dan Kepala UPT Museum Drs. Gunawan Pontjo. Putro mengaku sangat terkesan. “Tarian Jaran Kencak ini tradisinya masih kental, ada keunikan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Terbukti, tahun kamarin menjadi Juara I Nasional di Festival Kemilauan Nusantara,” jelas Jariyanto. Bertepatan dengan pagelaran jaran kencak, Kepala Disbudpar Jatim juga menyerahkan penghargaan kepada finalis lomba burung berkicau memperebutkan piala ‘Museum Bird Cup 2012’. • ach*

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel dinukil Tim  dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Bhirawa, Senin Pahing  28 Mei 2012, hlm. 5.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Lumajang dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s