Situs Reco Lanang, Kabupaten Mojokerto


Terletak di Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. untuk menuju lokasi jaraknya kurang lebih 40 km arah tenggara pusat kota Mojokerto.

Reco bahasa jawa yang artinya Arca, Lanang artinya Laki-laki, reco lanang ini merupakan gambaran dari perwujudan Dhani Budha yang berada dalam posisi yang disebut Buddha Aksobya.

Tidak jauh dan lokasi ditemukannya Reco Lanang ini, kura lebih kurang berjarak  50 m dari reco lanang, terdapat Reco Wadhon dalam posisi tengkurap yang diprediksi menggelinding akibat bencana longsor.

Reco Wadhon ini diperkirakan merupakan arca Dwarapala (dari agama Hindu). Ada dugaan bahwa kawasan Desa Kemloko dan sekitarnya dimana situs Reeo Lanang berada merupakan bengkel pembuatan arca batu pada masa Mojopahit.

Inisiatif dari LMDH Kemloko membuat bumi perkemahan di sekitar komplek Recolanang dan jalur wisata lintas alam menuju Air Terjun Dlundung melalui lereng Gunung Butak – Gunung Welirang.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pusaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Informasi Priwisata Kabupaten Mojokerto: DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MOJOKERTO, Juni 2011, Mojokerto, 2011, hlm 29

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Mojokerto, Wisata, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s