Situs Makam Jago Panjilaras


Situs ini disebut juga Petilasan Prabu Jayanegara. Terletak di Desa Lebak Jabung, Kecamatan Jatirejo. Obyek utamanya adalah bangunan yang dipercaya sebagai makam ayam jantan kesayangan Prabu Kerajaan Majapahit yang bernama Jayanegara yang memiliki nama samaran “Panjilaras”.

Ayam jantan tersebut, yang dinamai Cindelaras, adalah ayam yang menemani Jayanegara selama melakukan penyamaran di wilayah Lebak Jabung untuk memantau keadaan masyarakat setempat.

Penyamaran ini dilakukan sebelum Jayanegara menduduki tahta Raja Mojopahit. Sampai saat ini sering dikunjungi oleh peziarah dari berbagai daerah yang sebagiannya mempercayai dapat mengatasi pemasalahan dalam hal karir.
‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel dinukil Tim Pusaka Jawatimuran  dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Informasi Priwisata Kabupaten Mojokerto: DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KABUPATEN MOJOKERTO, Juni 2011, Mojokerto, 2011, hlm. 21.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Mojokerto, Sejarah, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s