Suramadu Dipercepat


Presiden Minta
Suramadu Dipercepat

Menjelang masa jabatannya yang kedua akan dimulai tanggal 26 Agustus mendatang, Imam Utomo akhimya dapat bernafas lega. Semua itu karena mega proyek impian masyarakat Jawa Timur yaitu Jembatan Surabaya -Madura (Suramadu) dapat terwujud dan terlaksana pembangunannya setelah penekanan tombol sirine pemancangan pertama tiang pancang yang dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Pelaksanaan pemancangan tiang itu sendiri dilakukan Presiden di dua sisi (tempat) kaki jembatan dengan waktu yang berbeda yaitu di kelurahan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran Surabaya Timur tepat pukul 11.00 WIB dan Desa Labang Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan Madura dilaksanakan tepat pukul 13.00 WIB, Selasa (20/8).

Sehari sebelum pemancangan tiang pertama itu dilakukan, terlebih dahulu diadakan upacara penanaman dua kepala kerbau oleh gubernur Jatim Imam Utomo sebagai tanda dimulainya pembangunan jembatan.

Pada kesempatan tersebut Presiden minta pembangunan mega proyek Jawa Timur Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya-Madura dan merupakan jembatan terpanjang pertama di Indonesia ini bisa diselesaikan dalam waktu 3.5 tahun dari rencana awal yang diprediksi berjalan empat tahun atau tuntas tahun 2007 mendatang.

“Memang pembangunan jembatan ini diprediksi selesai 2007. Tetapi saya selalu menekankan kepada Kimpraswil agar dipercepat. Kalau prediksinya 4 tahun, saya tawarkan 3.5 tahun dapat tuntas. Tapi, itu tentunya merupakan tanggung jawab pada pemerintahan bam hasil Pemilu yang akan datang untuk menyelesaikannya. Jangan lupa, nanti malah ditagih sarna saya”, tegas Presiden.

Presiden juga mengingatkan jangan sampai dengan direalisasikannya pembangunan jembatan Suramadu ini, justru muncul persoalan bam di Madura. “Saya tidak akan pernah merasa gembira kalau suatu saat nanti di pulau Madura masih ada masyarakat Maduranya yang tersisih. Karena ketika saya tanyakan kepada Gubernur jawabnya, waduh Bu orang sudah ngumpet-ngumpet tanah di sana. Harganya sudah makin meningkat. Saya bilang sampaikan kepada Bupati-bupatinya untuk membuat aturan supaya masyarakat disana terlindungi. Utamanya masalah sertifikat tanah yang ada”, tambahnya.

Megawati mengatakan, sebagai Bupati di wilayah Madura harus memperhatikan dan mewaspadai dampak yang kemungkinan timbul akibat dari pembangunan jembatan Suramadu ini. Khususnya dampak sosial akibat meningkatnya industrialisasi yang kemungkinan memicu migrasi penduduk di Pulau Madura. Sebab, tambahnya, salah satu tujuan pembangunan Jembatan Suramadu ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Apalagi, lanjut Mega, belakangan ini saya kerab menerima laporan dari banyak orang di luar Madura yang mengincar lahan di Pulau Garam tersebut.

“Karena itu saya minta pada para Bupati untuk memperhatikan hal ini dengan seksama. Awasi betul, jangan sampai tanah masyarakat Madura lepas begitu saja”, Katanya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sarna Menkimpraswil (Menteri Pumukiman dan Prasarana Wilayah) Sunamo mengatakan, Jembatan Suramadu merupakan calon jembatan terpanjang dan termegah di Indonesia dengan teknologi baru, dirancang dan dibuat oleh putra/putri Indonesia dengan biaya dari APBN, APBD, Jasa Marga dan investor.

Yang pasti kata Sunarto pelaksanaan pembangunan Jembatan Suramadu memberikan manfaat penting Bagi Jatim, khususnya pulau Madura, yakni bisa membuka keterisolasian/ketinggalan wilayah Madura. Sebab pengalihan fungsi-fungsi aktifitas dari kota Surabaya, Sidoarjo dan Mojokerto semua beralih ke Madura dan ini yang mendorong tumbuhnya industri dan pusat-pusat pelayanan perkotaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Madura.

Selanjutnya Menkimpraswil mengatakan, bahwa dana pembangunan Jembatan Suramadu diperkirakan Rp 2,83 Trilyun. Dengan rincian, biay konstruksi Rp 2,38 trilyun, biaya pembebasan tanah dan jalan pendekat Rp 450 Milyar.

Pembangunan panjang Jembatan 5.438 meter, dengan lebar 2×15 meter (total 30 meter). Untuk kendaraan dibagi dua lajur masing-masing lajur 2 x 3,5 meter. Dan untuk lajur lambat/darurat 2 x 2,25 meter. Sedangkan untuk kendaraan roda dua lebarnya 2 x 2,75 meter. Dengan kelandaian maksimum 3 persen, jalan pendekat sisi Surabaya 4,35 km, jalan pendekat sisi Madura 11,50 km.

Dan untuk Causeway Bridge sisi Bangkalan 1.8.822,25 meter dan causeway bridge sisi Surabaya 1.457,75 meter, serta approach bridge 670 meter, main bridge 818 meter.

Lebih lanjut Menteri Kimpraswil mengatakan, bahwa pelaksanaan pembangunan Jembatan Suramadu ini dibagi menjadi 3 tahap. Tahap Pertama, yaitu tahap persiapan pada tahun 2002 meliputi review studi kelayakan dan review desain. Pengujian terowongan angin dan penelitian lapangan dilaksanakan hingga 2003. Sedangkan untuk pembebasan lahan dijadwalkan sejak 2002 dan ditargetkan hingga 2004.

Dan untuk pelaksanaan pekerjaan sipil akses jalan pendekat dilakukan mulai akhir 2002 hingga 2005. Kemudia cause way akhir 2003 hingga 2006. Seda,ng untuk approach bridge dan main bridge tahun 2004 dan berakhir pertengahan 2007.

Sementara itu Gubernur Jatim Imam Utomo mengatakan pembangunan Jembatan Suramadu ini memiliki arti besar bagi upaya kesejahteraan, pemerataan pembangunan dan untuk mempercepat pembangunan nasional. “Ada tiga fungsi secara strategis, masing-masing secara skala lokal, regional dan nasional”, kata Gubernur.

Dikatakan, setelah pembangunan Jembatan Suramadu tuntas, nantinya PAD di tiga Kabupaten di wilayah Madura yaitu Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang dan Kabupaten Sumenep dapat sejajar dengan daerah lainnya yang ada didaerah Gerbangkertosusilo. “Kalau perlu, PAD di tiga tempat tersebut harus lebih tinggi dari lainnya”, tambahnya.***

Mimbar Jatim, Agustus 2003, hlm 37

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Surabaya, Wisata dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s