Raja Dharmawangsa dari Ponorogo?


Mungkinkah Raja Dharmawangsa berasal dari Ponorogo? Tanda tanya ini bergelayut di benar warga kota reog itu. Ini karena ditemukannya dua artefak yang diduga kuat peninggalan dari Kerajaan Medang semasa Raja Dharmawangsa.

Dua situs bersejarah itu ditemukan di Dusun Watu Dhukun, Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Artefak itu berbentuk mangkara dan linggajati (altar) besar yang terletak berdampingan.

Temuan ini cukup menggegerkan warga Ponorogo, karena Medang Kamulan adalah kerajaan penting di Jawa Timur yang pernah menguasai Kerajaan Sriwijaya di Palembang tahun 992 Masehi, jauh sebelum Singsosati dan Majapahit berdiri.

Menurut Aryo Putro,pemerhati sejarah dari Kediri yang meninjau situs tadi, tulisan pada kedua artefak itu memakai huruf Pallawa. Ia menduga, mangkara dan linggajati itu peninggalan Dharmawangsa ketika menyingkir ke Ponorogo karena bertempur melawan Kerajaan Wura-wuri di Sidoarjo, dekat Surabaya sekarang.

“Jadi, tempat ini merupakan tempat pelarian Airlangga sebelum menjadi raja. Dan tempat ini merupakan lokasi semediAirlangga hingga mendapat petunjuk untuk menjadiraja,” duga ia.

Meski dari situ diketahui bahwa Raja Dharmawangsa bukan berasal dari Ponorogo, toh penemuan itu dua artefak itu menunjukkan betapa pentingnya kota reog itu bagi Dharmawangsa, salah satu raja besar dari Jawa Timur. (*)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Derap Desa, Edisi XXX April 2010, hlm. 49

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Ponorogo, Sejarah dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Raja Dharmawangsa dari Ponorogo?

  1. anton krist berkata:

    menarik mmg utk dibicarakan, aplgi ttg daerah saya, masuk akal jg kl dikatakan dr Ponorogo, selain di pager ukir ada lg 3 peninggalan di dusun Medang Ds/kec. Sampung Ponorogo, diperkirakan jg peninggalan mpu sindok. sy pernah bc di slh st blog kl kerajaan medang di bwah kekuasaan dharmawangsa berada di maospati magetan. tdk terlalu jauh dr sampung. trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s