Imlek di Surabaya


Perayaan Imlek di Surabaya Sederhana Tapi Tetap Meriah

PENETAPAN hari libur nasional untuk ikut merayakan tahun baru Imlek di Surabaya disambut meriah sejumlah warga. Setidaknya beberapa tempat ibadah, mall, hingga hotel berbintang ikut berbenah memperingati perubahan tahun kambing ini. Sejumlah warga Tionghoa bahkan sejak Selasa (31/1) malam memadati sejumlah tempat ibadah.

Seperti yang terlihat di Klenteng Pak Kik Bio-Hian Thian Siang Tee, Jl. Jagalan, Surabaya. Sejumlah jemaat dengan khusuk memanjatkan doa dan berharap tahun kambing menjadi tahun keberuntungan bagi mereka. Sesajian sebagai ucapan syukur terlihat di tempat ibadah warga Kong Hu Chu ini. Tampak juga acara penyerahan angpau. Sementara itu Vihara Mahavra Graha, sebagai pusat ibadah kaum Budha di Surabaya, juga tampak dipadati kaum Budhist. Sejak Selasa sore tampak padat dengan sejumlah pemanjat doa bahkan tempat parkir yang disediakan juga tampak penuh. Hingga Rabu (1/2) dini haripun tempat ibadah ini tampak masih padat. Agaknya, perayaan Gong Xi Fa Cai disambut warga dengan upacara yang sederhana meski dibeberapa tempat ibadah masih tetap dijaga sejumlah aparat keamanan.

Tak hanya itu, sejumlah hotel dan restauran hingga pusat perbelanjaan juga nampak penuh dibanding hari-hari biasa. “Wah … maklum kan hari libur, sekalian merayakan Imlek dan bagi-bagi angpao. Sekaligus belanjalah, seperti perayaan tahun baru lalu,” ujar Michael, seorang warga Tionghoa. Nampak, di sejumlah restauran khususnya yang menyajikan makanan China juga dipadati pengunjung yang bahkan rela antre berjam-jam. Beberapa hotel berbintang ikut mendekorasi ruangan untuk menyambut datangnya tahun kambing ini. Suasana meriah ini terlihat di Hotel Sheraton Surabaya, Jl. Embong Malang dan Radisson Suite Hotel, Jl. Pemuda, misalnya. Tampak ucapan Gong Xi Fa Cai terpampang dipintu masuk kedua hotel ini. “Ya … kami ikut menyambut perayaan perubahan tahun ini, meski tak ada perayaan khusus,” ujar Ririen W., Public Relation Manager Sheraton Surabaya.

Pusat Perbelanjaan Tak Mau Kalah

Semarak perayaan juga terasa disejumlah tempat perbelanjaan. Seperti yang terlihat di pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya, Plaza Tunjungan. Beberapa aksesoris untuk memeriahkan datangnya tahun China ini terlihat semarak. Pengunjung juga terlihat memadati Made In China Exhibition yang digelar di Convention Hall Plaza Tunjungan III. Pameran yang berakhir 9 Febuari menyuguhkan atraksi barongsai dan wushu juga lomba karaoke mandarin. Bahkan sejumlah outlet nampak dengan berani memasang potongan harga membuat imlek. Pemandangan serupa juga nampak di pusat perbelanjaan Plaza Surabaya. Selain di pintu masuk sudah terlihat ucapan selamat dengan aksesoris gaya China, tentu bergantungan lampion-lampion yang cukup menarik bernuansa merah.

Datangnya perubahan tahun ini juga terasa di beberapa tempat hiburan malam. Nampak sejumlah tempat hiburan malam saat pergantian tahun Cina juga dipadati pengunjung. Cangkir Pub & Resaturant menyuguhkan bintang tamu artis asal Jakarta Audy, sementara Colors Pub & Resaturant, Jl. Sumatera juga dipadati remaja yang kebanyakan ingin menikmati hari libur. Gong Xi Fa Cai !

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: CARAKAWALA, EDISI 2, Februari-Maret 2003

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Surabaya, Wisata Relegi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Imlek di Surabaya

  1. iwan s berkata:

    Yang penting bisa merayakan imlek dan bisa berbagi ama sesama yang lebih membutuhkan … 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s