Bangkalan, Pintu Gerbang Wisata Madura


Mengawali tahun 1994, nampaknya Kabupaten Dati II Bangkalan menjadi tumpuan bagi wisatawan mancancgara bahkan boleh kita sebut bahwa Bangkalan merupakan pintu gcrbangnya pariwisata pulau garam ini. Pulau Madura yang terdiri empat Kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep ini mempunyai potensi pariwisata yang berbeda-beda, namun juga memiliki khas budaya yang sama yaitu kerapan sapi.

Di Kabupaten Bangkalan, wisata tradisional kerapan sapi digelar setiap tahun dan dimulai pada bulan Agustus hingga September. Dan untuk tiga kabupaten lainnya pada bulan ini juga menyelenggarakan wisata tradisional yang sama secara serentak, untuk final kerapan sapi akan dipusatkan di Kabupaten Sumenep pada bulan Oktober alau sebagai penutup wisata tradisional kerapan sapi.

Kabupaten Bangkalan letaknya tidak jauh dari kota Pahlawan Surabaya, berjarak hanya sekitar 25 km mudah ditempuh melalui penyeberang ferry dengan biaya  penyeberangan Rp 350,- per orang. Untuk menuju pusat kota Bangkalan dilanjutkan dengan angkutan penumpang umum bus atau kendaraan kecil.

Sesampai dipelabuhan Kamal Bangkalan, wisatawan dapat berbelanja berbagai macam souvenir khas Madura, mulai pecut, udeng, batik serta hasil kerajinan lainnya.

Bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara yang sifatnya rombongan, yang ingin mcngunjungi Bangkalan sekaligus menyaksikan wisata tradisional kcrapan sapi tidak pada musimnya, dapat pesan terlebih dahulu kepada Pemda Bangkalan maupun Biro Perjalanan Umum (BPU), untuk menyewa kerapan sapi dan digelar pada saat kedatangan wisatawan rombongan tersebut.

Pada bulanPebruari 1994 ini, tampak cukup banyak wisatawan mancanegara yang dating ke Bangkalan untuk menyaksikan wisata tradisional kerapan sapi. Bahkan sekitar 200 wisatawan manca negara dengan kapal pesiar yang mcrapat di pelabuhan Gapura Surya Surabaya, telah melakukan city tour ke Bangkalan untuk menyaksikan kerapan sapi tersebut, rombongan wisatawan manca Negara ini sebagaian besar berasal dari Jerman dan dipandu langsung oleh Orient Express Surabaya.

Bahkan pada bulan yang sama, yaitu sekitar 85 orang peserta kejuaraan gulat Asian Oceania II di Surabaya dari scbelas Negara juga menyempatkan diri untuk menyaksikan obyek wisata tradisional kerapan sapi yang digelar oleh Pemda Bangkalan. (Agus Dm) ***

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:MIMBAR JATIM, EDISI: 157 JANUARI – PEBRUARI 1994, hlm. 18

 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Wisata dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bangkalan, Pintu Gerbang Wisata Madura

  1. Ping balik: Dewan Dukung Fungsikan Lahan Eks Terminal Soka | makanenak.info

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s