Gubernur Desak Menteri Cairkan Dana Suramadu


SURABAYA–Gubernur Jatim, Imam Ulomo berharap pemerintah pusat tetap komitmen terhadap proyek jembatan Surabaya-Madura (Suramadu). Karena, Imam Utomo terus mendesak kepada pemerintah pusat agar mencairkan dana APBN untuk proyek jembatan SurabayaMadura (Suramadu) segera tuntas.

“Kita sudah mendesak agar kelanjutan pembangunan Jembatan Suramadu diperhatikan oleh pusat:’ ujar Gubernur. Pernyataan itu diungkapkan gubemur seusai menghadiri rangkaian acara peringatan HUT ke-61 RI di Gedung Negara Grahadi, kemarin.

Menurut gubernur pihaknya juga sudah pemah menyampaikan desakan itu kepada panitia anggaran DPR RI serta Menteri Pekerjaan umum. Harapannya, kekurangan dana Suramadu bisa dimasukkan dalam APBN-P 2006. “Sampai sekarang APBN-P kan masih belum selesai. Jadi, kita berjuang supaya tambahan dana untuk Suramadu bisa masuk, ujamya.

Meski demikian, Gubemur mengingatkan bahwa pembangunan Jembatan Suramadu ada lah proyek pemerintah pusat. “Jadi, ini bukan proyek saya, ini proyek nasional,” ujamya.

Pimpro Induk Jembatan Suramadu, AG Ismail pernah mcngeluhkan tersendatnya dana dari APBN. Seharusnya. tahun ini ada tambahan dana sebesar Rp 200 miliar dari pusat. Dana sebesar itu sedianya dialokasikan untuk penyelesaian causeway jembatan di sisi Sumbaya dan Madura. Total dana dari pusat yang sampai kini belum cair mencapai Rp 1,2 triliun.

Jika dana tidak segera cair, dikhawatirkan mempengaruhi jadwal proyek. Target penyelesaian yang semula dijadwalkan September 2008 terancam molor. Ismail juga me ngungkapkan rencana meminjam dana lagi ke Tiongkok seandainya APBN-P tidak mengalokasikan dana untuk Suramadu.

Ismail menyebut pinjaman itu dengan istilah additional Joan. Mengenai rencana pinjaman ke Tiongkok ini, guberour tidak mempermasalahkannya. “Silahkan saja. Tapi yang menanggung harns pemerintah pusat, bukan propinsi, tegasnya.

Desakan serupa juga disuarakan DPRD Jatim. “Kita mendesak Menteri PU memenuhi komitmennya,” kata Edy Wahyudi, anggota Komisi D. Dia mengingatkan, Menten PU pemah berjanji akan menyelesaikan jembatan itu pada September 2008.

“Karena itu. Komisi D sepakat menuntut menteri PU mempercepat pencairan dana Rp 200 miliar dan APBN-P tahun ini,”

tegasnya. Kepastian penyelesaian Suramadu. kata Edi, sangat penting bagi kalangan investor yang benninat mengembangkan kawasan di sekitar Suramadu. Edo

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:REPUBLIKA, Rabu, 16 Agustus  2006 Hal. VI

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Surabaya dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s