Pembelian Rumah Bung Karno


Pemprov Jatim Kucurkan Rp 10 Miliar

Pembelian Rumah Bung Karno

Pemprov Jatim telJJh Kucurkan dana Rp 10 miliar pada 1010 untuk pembelian rumah Presiden I RI Soekarno. Sisanya sebesar Rp 15 miliar akan dikucurkan pada 2011.

Anggaran itu karni ambilkan dari pas dana bantuan keuangan APBD 2010 dan 2011,” ungkapnya Gubernur Jatim Soekarwo kemarin. Menurut Soekarwo perwakilan dan pihak Ahli Waris sudah menemui Pemkot Blilar tentang kesepakatan pembelian tersebut.

Melalui proses tawar menawar harga akhirnya disepakati rumah kanak-kanak Bung Karno atau dikenal dengan Istana Gebang itu dijual seharga Rp 35 miliar. Sedianya Istana Gebang dijadikan sebagai museum.

Dia menerangkan. pembelian Istana gebang tidak dilakukan dengan sistem Sharing antara Pemprov Jalim hanya memberi dana bantuan pembelian sebagaJ respons atas pengajuan Pemkot.

Dengan demikian, bila proses pembelian telah rampung, pengelolaan Istana Gebang sepenuhnya berada di tangan Pemkot Blitar.

Nanti padaAPBD 2011 sisanya sebesar Rp 15 miJiar akan kami berikan. Kami juga masih menunggu kabar selanjutnya dari Pemkot Blitar: ungkapnya.

Gubemur kelahiran Madiun itu menegaskan, pembelian Istana murni untuk mempertahankan nilai sejarah yang melekat pada bangunan tsrsebut.

Pemprov tidak iogin bangunan berni!ai sejarah itu rnenjadi milik swasta. Karena itu, kami sempat menyesalkan sikap keluarga yang bemiat menjual rumah bersejarah itu di internet, tuturnya.

Dia juga mengatakan, pembelian Istana Gebang merupakan rangkaian upaya untuk menyelamatkan eagar budaya di Jawa limur. Selain Istana Gebang, perlakuan yang sama juga diberikan pemprov untuk makam mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jombang, serta restorasi Majapahit di Mojokerto.

Bambang Sukaputra yang ditunjuk sebagai juru bicara ahli waris mengatakan, kesepakatan, harga antara pihaknya dengan pemprov memang sudah terjadi. Awalnya, pihak ahli waris meminta Rp 50 miliar, tapi dalam perkembangan negosiasi akhimya disepakati Rp 35 miliar, “Benar, sudah,”

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SEPUTAR INDONESIA, Selasa, 30 Nopember 2010, hal 5

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Blitar [Kota], Sejarah, Wisata Sejarah dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s