Sampang Tagih Bagi Hasil Suramadu


Keberadaan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) sudah 2,5 tahun. Namun hingga detik ini se Jumlah daerah yang berdekatan, belum merasakan manfaatnya secara berarti.

Bahkan. jatah bagi hasil karcis jembatan tak kunjung diterima. Keluh kesah ini disampaikan Bupati Sampang. Noer Tjahja, usai bertemu Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf. “Pemerintah pusat menjanjikakan kabupaten/kota seperti Surabaya Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep, mendapat bagian dari penjualan karcis Jembatan Suramadu,” kala Noer Tjahja.

Hanya saja, hingga saat ini. Perjanjian itu tak kunjung terealisasi. Padahal. setiap hari pendapatan Jembatan Suramadu antara Rp 400 juta hingga Rp 500 juta. “Da1am perjanjian. Sampang, karena agak jauh letaknya disbanding daerah lain diberi jatah 5 persen,” katanva.

Kendati kecil, lanjut Noer. beliau bagi hasil itu direaliasaikan, akan cukup membantu membiayai pembangunan di Sampang. Setidaknya bisa untuk membangun jalan-jalan di pelosok desa, “Mungkin bagi daerah Surabaya yang kaya. itu tak berarti,” kata Noer.

Menurut Noer, pangkal dari masalah ini sebenarnya adalah peraturan presiden tentang kewenangan BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabava-Madura). Sebab, para kepala daerah yang beredekatan dengan Suramadu tak diletakkan sebagaimana porsinya Sementara kewenangan BPWS dinilai terlalu besar dan mengancam mengebiri kekuasaan kepala daerah. “Ibaratnya, kepala daerah nantinya berfungsi layaknya kepala desa  saja.” kata Noer.

Namun demikian. pada kenyataannya, BPWS masih banvak kesulitan dalam menjalankan program- programnya. Salah satunya. pembangunan rest area di kaki Suramadu sisi Madura. Walaupun anggaran dari pemerintah pusat telah teralokasi, namun sampai saat ini pembebasan lahan mengalami kebuntuan.(rtn)

 

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: RADAR, MINGGU, 14 AGUSTUS 2011, hlm. 3

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Surabaya dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s