Pemprov Jatim Talangi Proyek Suramadu


-31 Mei 2006-

PEMPROP  TALANGI  PROYEK SURAMADU RP 31,2 MILIAR

Kekurangan dana proyek Suramadu yang harus dipenuhi Pemprop Jatim, akhirnya diputuskan diambilkan dari dana cadangan yang di cairkan sebelum PAK (Perubahan Anggaran Keuangan). Keputusan diambilkannya dana cadangan sebesar Rp 31,2 miliar, kemarin ditegaskan Sekdaprop Soekarwo.

“Kita sudah putuskan untuk diambilkan dari dana cadangan dan dicarikan sebelum pelaksanaan PAK,”  tandas Soekarwo kepada wartawan seusai rapat panitian anggaran eksekutif legislatif di DPRD Jawa Timur.

Dijelaskan, langkah ini terpaksa di lakukan Pemprop untuk menghindar dari denda keterlambatan pembayaran. Sebenarnya, papar Soekarwo. Kekurangan dana tersebut sebenarnya bukan menjadi Soekarwo tanggungan Pemprop Jatim melainkan pemerintah pusat.

Telapi, karena pencairan dari APBN belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini Pemprop terpaksa memberikan talangan. “Sebab kalau tidak, kita bisa dikenakan denda keterlambalan pembayaran. Daripada membayar denda, mending kita talangi dulu,” terangnya.

Seperti diketahui, pembangunan proyek Suramadu kini sedang menunggu kesiapan pemerintah untuk pencairan dana lanjutan. Sesuai dengan hitungan pembiayaan, kekurangan dana ini seharusnya dibayar oleh APBN.

Namun, pemerinlah pusat belum bisa mencairkannya dalam waktu beberapa bulan mendatang. Sementara, sesuai dengan perjanjian, dalam beberapa bulan kedepan pihak pemerintah harus sudah membayar kekurangan dana pelaksanaan proyek tersebut. Jika tidak, maka pemerintah, dalam hal ini Pemprop Jatim selaku pemilik proyek akan dikenai sanksi keterlambatan pembayaran.

“Kita tidak bisa membiarkan pelaksana proyek menunggu terlalu lama. Karenanya, sebelum jatuh tempo kita upayakan dananya sudah bisa dicarikan. Sehingga proyek tetap jalan,” tandas Soekarwo sembari mengatakan kemungkinan bulan depan dananya tersebut sudah bisa dicairkan.(dul)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: MEMORANDUM, Rabu, 31 Mei 2006 Hal. 17

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Sentra, Surabaya dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s