Brosem, Supaya Ekonomi Mapan


Bermula dari sabuah impian ingin memiliki pellghasilan tambahan agar ekonomi keluarga lebih mapan, Kelompok PKK Bromo Semeru (Brosem), mamiliki usaha produksi, Salain makanan ringan, juga minuman khas kota Batu, sari buah apel. 

Impian tersebut tercapai berkat keulelan ibu-ibu anggota PKK untuk memiliki usaha mandiri. Setelah beberapa tahun mengalami pasang surut, akhirnya tahun 2008, usaha itu mampu meraup omzet Rp 600 juta.

“ Tahun 2009, Brosem me· nargetkan Rp 800 juta. Untuk mewujudkan impian ini kami membentuk badan usaha yang kami beri nama CV Brosem atau Bromo Semeru: kata ketuanya, Endang Sri Marini Ismail. Brosem mereka dapat dari nama jalan tempat kelompok tani dan UKM tersebut berada. Brosem juga mengandung arti impian mereka, yakni kepanjangan dari Bersama Waga RW  10 Otak Atik Usaha Supaya Ekonomi Mapan “Jumlah anggota kami 25 orang, semuanya ibu-ibu rumah tangga kelompok tani PKK.”katanya.

Diceritakannya , Brosem yang berdiri 14 Januari 2004 mulanya merupakan kegiatan ibu-ibu PKK melakukan pembinaan lingkungan mulai dari RT 01 hingga RT 05, di RW 10 Kelurahan Sisir kota Batu.

Salah satu kegiatan unggulannya menanam sayur mayur. Namun karena tidak memiliki lahan cukup, media tanamannya menggunakan polibag. Hasilnya bisa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, dan dapat dipasat dipasarkan.

Tentunya keberhasilan itu tidak mudah didapat. Modal untuk membesarkan usaha menjadi kendala klasik. Beruntung kelompok tani ini mendapat bantuan dari Telkom melalui program mitra binaan.

Manajer CV Brosem, Ir. Riyanto menceritakan, usaha ini sempat mengalami kekurangan dana, namun akhimya bisa teratasi dari iuran pemegang saham sebanyak 190 orang. luran ini berkisar Rp 10.000 hingga Rp 1 juta.

Tahun 2005, adalah awal kebangkitan CV Brosem, di mana saat itu PT Telkom Jawa lemur memberikan pinjaman dengan persyaratan sangat mudah dan tidak memerlukan survey, serta tanpa bunga. “Pinjaman awal kami ke Telkom sebesar Rp 15 juta, dan pada 2007 mendapat pinjaman Rp 50 juta. Pada 2008 kami kembali dipinjami Rp 89 juta,H katanya.

Saat ini, CV Brosem mampu memproduksi 200 dus per hari minuman sari apel, masing-masing bansi 24 gelas ukuran 200 ml. Market share Brasem mencapai 20% dan 40 perusahaan pesaing di Jatim. Meski masih sekadar menjadi usaha pedesaan, namun UKM ini tiap tahun juga rutin mengadakan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Kegiatan tersebut untuk menjaga agar usaha tetap sehat, dan untuk mengenalkan pada anggotanya bahwa meski usaha ini berbasis pedesaan, namuan pengelolaannya harus modern.

Produksinya sudah dipasarkan di daerah Surabaya, Sidoarjo. Bali. Jakarta. Yogyakarta, Solo, dan Semarang. “Dalam pendistribusian kami juga bekerjasama dengan agen travel, swalayan dan juga toko oleh-oleh”tambahnya.

Communication Manager Telkom Jawa timur, Djadi Soegianto mengatakan. Telkom Jatim terus menambah mitra UKM dan sentra industri. Hingga akhir 2008, telah membina 7514 mitra UKMdan 10 sentra industri. Pada 2009, menargetkan ada penambahan 2000 UKM dan sentra Industri.

Dengan semakin besarnya jumlah mitra binaan yang dirangkul, otomatis akan menambah kucuran dana yang diberikan. Telkom Jatim telah memberikan bantuan dana sejak 2002. Pada 2009, Telkom Jatim mengucurkan dana sebesar Rp 19,5 miliar untuk mitra binaan. Dari tahun 2002 sampai se karang total dana yang sudah dikucurkan sebesar Rp 52 miliar. “Besaran dana itu tentu disesuaikan dengan kondisi bisnisnya. Dari tahun ke tahun jumlahnya juga semakin besar,” ujar Djadi.

Sampai saat ini. tingkat pengembalian mitra binaan Telkom berkisar 98% dengan NPL (non-performing loan) atau kredit macet sebesar 2%. “Ini jauh lebih rendah dari target NPL semula yaitu 4 %.” lanjut Djadi.

CV Bromo Semeru (Brosem) adalah salah satu UKM mitra binaan Telkom sejak 2005. (M Khoirul Rijal/w)

 

Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

MEMILIKI usaha yang baru berkembang, menjaga mutu barang adalah kunci utama untuk. lebih meningkalkan kapasitas jual Selain mamiliki kualitas tak Jauh berbeda dengan sari apel lain yang lebih awal terkenal, sari apel Brosem memiliki kekhasan.

Manajer CV Brosem. Ir Riyanto menceritakan, kekhasannya karena masih dikerjakan oleh tenaga karja manual, sehingga sama sakali tidak menggunakan behan campuran dan 100% masih berbahan baku apel tanpa campuran zat kimia.

Manfaatnya antara lain mampu menurunkan kadar kolesterol karena apel dlkenal mengandung fitokimia, zat antioksidan yang efektif malawan kolesterol jahat (LDL. mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru karena minuman ini memlliki zat flavonoid dalam apel terbukti dapal menurunkan risiko kanker paru-paru sampai 50 persen.

Minuman ini juga mampu mencegah penyakit Jantung dan stroke. Menurunkan berat badan, menjaga kesehalan gigi karena minuman ini mengandung tannin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal.

Sabagian konsumen juga menggunakan minuman ini untuk merawat wajah dan kecantikan. Ini karena minuman ini memiliki kandungan boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormone estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh katidak seimbangan hormon di kala menopause, misalnya semburan panas. Nyeri, depresi, penyakit jantung, dan osteoporosis.

Sebagian besar bahan baku apel yang digunakan untuk minuman ini adalah apel hijau yang asli berasal dari variates Kota Batu. Apel ini memitiki kadar keasaman yang sangat tinggi. karena kadar mineralnya sangat banyak.

Bahan baku sebagian besar didapat dari usaha pengembangan anggotanya di lahan pekarangan. Selama penanamannya, pemilik lahan tidak banyak menggunakan bahan pestisida dan lebih mengoptimalkan pupuk kandang dan komposter.

“Buah yang diolah untuk minuman. semuanya masih segar tanpa zat kimia: ujarnya. (Rijal)

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:POTENSI JAWATIMUR, EDISI 4 TAHUN IX/2009, hlm. 10

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Beranda dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Brosem, Supaya Ekonomi Mapan

  1. Dantie berkata:

    makasih, infonya ! Bermanfaat banget buat aku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s