Miniatur Kapal


Kasidi Saputro

Layarkan Miniatur Kapal ke Luar Negeri

Berbekal bakat dan modal seadanya. pada 1983 Kasidi Saputro memulai  usahanya membuat kerajinan kulit hingga pembuatan miniatur kapal. Namun siapa sangka usaha yang ia rintis puluhan tahun itu ternyata membuahkan hasil menggembira. Karyanya banyak digemari dan dipesan turis manca negara. 

SEJAK tinggal di Jakarta tahun 1979, Kasidi Saputro memulai bekerja sebagai pelukis kulit dalam bentuk gambar dan kaligrafi di tempat orang lain. Saat itu, ia sering mengikuti pameran di Pasar Seni Ancol.

Dengan sedikit pengalaman yang dimilikinya. pada 1982 ia hijrah ke Pandaan untuk mencoba mengadu nasib. Pria kelahiran Solo. 8 Agustus 1960 Ini. memberanikan diri membuka usaha lukisan kulit secara mandiri dalam jumlah terbatas.

Satu tahun kemudian, pindah ke Sidoarjo dan mulai memperbesar usahanya. Usaha yang dilekuninya saat itu masih kerajinan lukisan kulit berupa kaligrafi dan gambar.

Awal tahun 1995 teman dekatnya pernah menitipkan  miniature kapal. Ternyata miniatur kapal itu banyak peminatnya. Kemudian dia mencoba membuat miniatur. Ordernya bertambah hingga sekarang.

Untuk miniatur kapal dengan panjang 30 cm, ia mematok harga Rp 70 ribu. Sedangkan harga termahal mencapai Rp 5 juta untuk ukuran 160 cm. Lukisan kulit harganya Rp 250 ribu Rp 1 juta.

“Besarnya harga disesuaikan dengan tingkat kerumitan ungkapnya.  Bahan miniatur kapal menggunakan kayu bekas. Walaupun menggunakan bahan bekas, bentuk desain dan tampilan tetap ia utamakan, sehingga masih terkesan elegan. Untuk pembuatan layar kapal, bahan dasarnya kulit kambing yang dipesan dari Solo dan Magetan. karena kulit dari sana sudah kering sehingga langsung dapat di gunakan. Berbeda dengan daerah lain yang kondisinya masih basah sehingga masih harus dikeringkan.

Kini, dari ketekunan dan keuletannya ia mampu meraup omzet hingga Rp 250 juta per tahun. Namun keberhasilan ini tidak diperoleh dengan mudah, Sebab persaingan cukup banyak, dari Yogyakarta dan Mojokerto. Bedanya, buatan Mojokerto layarnya berbahan dasar kain.

Untuk promosi, Kasiadi banyak dibantu beberapa intansi seperti banyak dibantu beberapa instansi seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), PT Garuda Indonesia. Dan PT PLN Sejauh ini, ia sering diajak promosi melalui pameran produk unggulan yang diikuti banyak Negara, Australia, Tiongkok, Hongkong, dan Malaysia. Dari pameran itulah ia mendapatkan banyak relasi dan rumahnya di jalan Himalaya 15, Desa Keramaian, Kecamatan Candi, Sidoarjo, di antaranya dari Taiwan dan Kanada.

Regenerasi

Pada tahun 1990 merupakan masa kejayaan bagi usahanya hingga mempunyai 15 karyawan. Tapi suatu ketika pesanan menurun thingga 50 npersen hingga jumlahnya berpikir untuk mengembangkan usahanya dengan mendistribusikan ke Jakarta, Surabaya, dan Makasar Kini. usia Kasidi sudah tua, Ia berharap usahanya. Dapat diteruskan oleh salah satu dan ketiga anaknya yakni Happy, Ega. dan Rofiq. (M Afriul Akbar/pri)

 

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: POTENSI JAWA TIMUR,

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sentra, Sidoarjo dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Miniatur Kapal

  1. Kerajinan miniatur kapal khas Sidoarjo yang sangat Unik dan patut dilestarikan.
    Maju terus dan salam sukses.
    From: Miniatur Kapal dan Kapal Dalam Botol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s