Pengembangan Suramadu Dianggarkan Rp 32,28 T


SURABAYA – Setelah adanya keputusan pe­ngembangan kawasan Su­rabaya-Madura (Suramadu) dari pemerintah pusat, langkah cepat dilakukan Pemprov Jatim dan empat kabupaten di Madura. Un­tuk mendukung rencana induk pengembangan ka­wasan Suramadu yang di­targetkan berlangsung se­lama 15 tahun tersebut, akan disiapkan anggaran hingga Rp 32,28 triliun.

Gubernur Jatim, Soekarwo menegaskan, finalisasi pembahasan berbagai pro­gram pengembangan ka­wasan Suramadu itu telah dilakukan di Gedung Negara Grahadi, Jumat (24/2) la­lu. BPWS telah menyusun rencana induk pengem­bangan wilayah Suramadu untuk 15 tahun ke depan.

Kepala Badan Pelaksana (Banpel) Badan Pengem­bangan Wilayah Sura­baya-Madura (BPWS), M. Irian mengatakan, rencana induk itu nantinya akan di­jadikan pedoman pengem­bangan wilayah Suramadu yang terintegrasi bersama pemerintah daerah. “Rencana induk ini secara implisit sudah terkandung dalam RTRW masing-ma­sing daerah. Jadi, dipas­tikan tidak berbenturan dengan rencana pemba­ngunan daerah,” katanya.

Dijelaskan Irian, pem­bahasan finalisasi rencana induk pengembangan Sura­madu itu tidak hanya terkait pembuatan tata ruang baru. Tapi, juga pengem­bangan sumber daya manusianya. “Rencana induk itu disusun dengan frametime rentang waktu antara 2010-2024,” tuturnya.

Untuk pengembangan kawasan di kaki jembatan Suramadu tersebut, total investasi yang akan disiap­kan mencapai Rp 32,28 tri­liun. Dana tersebut mayo­ritas diambilkan dari APBN sebanyak 28,97 tri­liun. Selebihnya, akan di­ambilkan dari investasi swasta. Dengan adanya in­vestasi dan rencana induk tersebut, diharapkan itu akan mampu meningkat­kan perekonomian Madura dari rata-rata lima persen pada 2011 menjadi 7,8 per­sen pada 15 tahun mendatang. Juga, diharapkan ini bisa meningkatkan share industry dari delapan persen pada 2011 menjadi 35 persen pada 2024 men­datang.

“Dengan adanya rencana induk ini, maka pemba­ngunan infrastruktur un­tuk mendukung pengemba­ngan Madura akan diperce­pat,” papar Irian.
Yang menjadi perioritas dalam waktu dekat, terkait rencana induk ini adalah pembangunan di sekitar kawasan Suramadu sisi Bangkalan, (rou/rie/jay)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: RADAR SURABAYA, MINGGU-26 PEBRUARI 2012

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Sentra, Surabaya dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s