Suramadu Butuh Banyak Baja


-September 2003-

Proyek Jembatan Suramadu akan menggunakaan banyak material bahan bangunan, termasuk besi-baja. Jika proyek mengutamakan produk lokal, maka sangat mungkin tingkat utilisasi pabrik besi-baja nasional yang anjlok akan sedikit terangkat.

Karena itu, kalangan industry besi-baja dalam negeri berharap agar investor pemenang tender berkenan menggunakan produk baja dalam negeri. Hanya saja sejauh ini belum diketahui siapa pemenang tendernya, dan akankah memakai besi-baja buatan lokal?

Jimmie Solaeman, ketua Gabungan Pabrik Besi Indonesia (Gapbesi) menga takan kalangan industri baja di dalam negeri memiliki cukup kemampuan menyediakan kebutuhan proyek tersebut. Meski misalnya hanya menyerap 50% dari total kebutuhan, maka tingkat utilisasi pabrik besi-baja nasional diduga akan naik sekitar 5%-10%.

Data Gapbesi mengungkap, tingkat utilisasi pabrik besibaja nasional saat ini hanya 30% dari total kapasitas terpasang. Sebelum krisis masih di atas angka 60%.

Proyek Jembatan Suramadu diduga kuat dilaksanakan oleh kontraktor asing. Bukan hal aneh bila mereka kemudian menggunakan produk baja yang dihasilkan negaranya. Apalagi produksi baja dunia kini sedang melimpah dan banyak dilepas dengan harga murah.(ib)

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Bisnis Indonesia, Regional Timur, No.5/1/September 2003

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Bangkalan, Madura, Sentra, Surabaya dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s