Sumur Upas


Dari Pendopo Agung kita mengikuti jalan ke Sentonorejo ke arah selatan kira-kira 300 meter, sampailah pada sebuah gang membelok ke barat dan kira-kira jarak 100 meter akan kita jumpai suatu situs peninggalan purbakala yang disebut Sumur Upas. Yang dinamakan Sumur Upas adalah lubang gua kecil yang sekarang sudah ditutup batu dan dibuatkan cungkup. Di kompleks ini, selain sumuran tadi, kita dapati pula sebuah batu atau mungkin sebuah bagian kaki candi dari batu bata yang tingginya kira-kira 1,50 meter sedang ukuran panjangnya 12,50 meter dan lebarnya 7,50 meter.

Batu tersebut menghadap ke barat dan seberapa jauh di depan bangunan itu kita dapati sumur kuno berbentuk segi empat yang dibuat dengan susunan batu bata. Di atas batur itu sekarang didapati adanya makam. Namun kebenaran apakah itu betul-betul makam, masih sangat diragukan. Di sebelah selatan batur candi tadi kita dapati suatu bentuk semacam parit yang dindingnya dibuat dari batu bata yang sering menimbulkan tanda tanya bagi pengunjung.

Menurut pengamatan kami bentuk semacam parit itu sebenarnya adalah jarak antara dua pondasi atau kaki bangunan yang berdiri saling berdekatan satu di sebelah utara dan yang lain terletak di selatannya. Menurut catatan lama kompleks ini disebut dengan nama Candi Kedaton.

Kira-kira 100 meter di sebelah barat tempat ini kita jumpai dua deretan umpak batu besar-besar membu­jur arah barat ke timur beijumlah 13 buah. Berderet beijajar dua-dua masing-masing dengan jarak ± 4 me­ter. Bentuknya juga segi delapan dan ukurannya sama dengan umpak-umpak yang terdapat di komplek Pendopo Agung. Bedanya, di bagian atas umpak-umpak di sini ber­lubang, tempat menaruh pasak tiang di atasnya.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Tjokro Soedjono, Trowulan Bekas Ibukota Majapahit [Booklet]. Jakarta: Proyek Pengembangan Media Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1987/1988

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Mojokerto, Sejarah, Th. 1987, Wisata Sejarah dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s