Al’Quran Mini Peninggalan Cheng Hoo


«Al’Quran» Mini Bukti Misi Sejarah Perdamaian Cheng Hoo 

Para ahli dari berbagai Negara sepaham, bahwa Cheng Hoo adalah seorang Muslim yang sholeh, mewakili Muslim Tiongkok sebagai tauladan, utusan perdamaian dunia yang luar biasa, menjadikan “Jiwa toleransi” dari ajaran Islam sebagai prinsip pikiran dan melaksanakannya dalam setiap perbuatan, menggabungkan peradaban Islam dengan peradaban Tionghoa, selalu berbuat baik kepada Negara tetangga

Beberapa tahun yang lalu, di Propinsi Xinjiang ditemukan sebuah kitab Allah «Al’quran», para ahli berpendapat kitab tersebut bawaan Cheng Hoo dari Negara Arab waktu “Mengarungi Samudera Hindia”. Dengan demikian, kitab «Al’quran» yang paling mini di dunia ini menjadi barang bukti sejarah mengenai jasa Cheng Hoo terhadap peradaban budaya manusia, juga berperan sebagai penyebar budaya Islam dalam “Perjalanan Perdamaian”nya.

Kitab «Al’quran» ini panjang 2.7cm, lebar 1.3cm, tebal 1 cm, berat hanya 4.6 gram, diakui sebagai kitab «Al’quran» terkecil di dunia. Para ahli bahasa Arab menilai kitab tersebut lengkap dengan 30 bagian, 6236 ayat, 77934 kosakata, 323621 huruf. Sampul terbuat dari kertas kulit tebal berlapis emas, ada tebal berlapis emas, ada gambaran pemandangan Negara Islam. Kitab tersebut disimpan di kotak kecil berlapis emas yang besarnya sedikit lebih besar dari ibu-jari. Di tengah-tengah kotak ada kaca pembesar yang diameternya kira-kira 1 cm, sebagai alat pembantu waktu membaca. Di atas kotak ada simpai besi untuk memudahkan dibawa.

Meskipun telah melalui ratusan tahun, Kitab «Al’quran» ini masih utuh dan terawat baik, garis emas di pinggir halaman masih bersinar cemerlang, tulisan bahasa Arab yang kecil masih jelas dan tiada bekas coretan, tidak menggunakan kaca pembesarpun kita tidak sulit membacanya. Lembaran kertas yang setipis sayap tonggeret, kita tak dapat merasakan tebalnya. Kitab «Al’quran» ini telah diakui sebagai “Edisi Tunggal”, tak ternilai harganya.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Komunitas, edisi EDISI KHUSUS (40) – April 2008

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Sejarah, Surabaya, Th. 2008 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Al’Quran Mini Peninggalan Cheng Hoo

  1. usman ismai berkata:

    sya juga punya al-qur’an mini 100% persen saya dengan punya bapak….rencana mau di maharkan sesuai dengan niat keluarga saya yang mau menunaikan ibada haji melalui mahra Al-qur’an tersebut….kalau ada yang berminat mohon di informasikan ke 091769173988. alamat nanggroe Aceh Darussalam.

  2. usman ismai berkata:

    kalau ada yang berminat hub 081269173988

  3. farhan fiksi berkata:

    saya juga punya kitab seperti itu . peninggalan kakek saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s