Bupati Kabupaten Madiun ke 3 sampai dengan ke 13


Bupati ke 3
Setelah kekalahan Raden Ayu Retno Djumilah maka Purabaya yang sudah menjelma menjadi Madiun berada di bawah kekuasaan Mataram.

Menggantikan kedua ikan sebagai Bupati Madiun yang dalam urutan­nya sebagai Bupati ke III adalah Raden Mas Rangsang.

Masa memerintah Bupatike III tidak lama hanya setahun yakni dan 1590 – 1591.

Bupati ke 4
Menggantikan Raden Mas Rangsang yang menjadi Bupati Madiun ke IV adalah Raden Mas Sumengkar.

Bupati ke IV ini memegang pemerintahan di Kabupaten Madiun juga tidak lama hanya sekitar 4 tahun dari 1591 sampai 1595.

Bupati ke 5
Raden Mas Ojulig Pringgolojo pada tahun 1595 sampai 1601 meme­gang tapuk pimpinan Pemerintahan di Kabupaten Madiun menggantikan Raden Mas Sumengkar.

Bupati ke 6
pada periode berikutnya setelah Raden Mas Djuiig Pringgolojo menja­di Bupati Madiun selama tidak kurang dan 12 tahun Kabupaten Madiun berada di bawah pemerintahan Bupati yang bernama Raden Mas Djunina Petak. Bupati ini mengawali masa jabatannya pad tahun 1601 sampai 1613.

Bupati ke 7
Memasuki tahun 1613 Raden Mas Kenitren Mertolojo menduduki jaba­tan Bupati Madiun yang dalam urutannya sebagai bupati yang ke VII hingg saat wafatnya tahun 1645.

Bupati ke 8
Pada saat Bupati ke VIII Madiun memerintah, saat itu terjadi perang Trunodjojo. Kyai Itodikromo atau juga disebut sebagai Pangeran Adipati Balitar memegang jabatan Bupati sejak tahun 1645 sampai 1677.

Bupati ke 9
Setelah wafat Bupati ke VIII itu digantikan putranya yang bernama Pangeran Tumenggung Balitar Tumapel yang memerintah sejak tahun 1677 sampai 1703.

Bupati ke 10
Raden Ayu Puger putra sulung dan Pangeran Tumenggung Balitar Tumapei telan ditunjuk menggantikan jabatan ayahdanya menjadi Bupati Madiun yang daiam urutannya Bupati ke X. Jabatannya dimulai sejak ta­hun 1703. Saat pemerintahannya tengah berkecamuk peperangan, yang dikenai dengan Pembrontakan Suropati atau Untung Suropati Perang mi sebagai akibat dari campur tangan pemerintahan Kompeni Be­landa dalam ikut mengurus pemerintahan di Mataram Kekalutan terjadi di Istana Kartosuro sepeninggal Amangkurat II. Dikemudian Pangeran Puger yang suami dari Raden Ayu Puger Bupati ke X Kabupaten Madiun, kemudian memasuki Istana Kartosuro. Pangeran Puger kemudian dinobatkan menjadi Raja Kartosuro yang kemu­dian bergelar Paku Buwono ke I. Raden Ayu Puger kemudian mengikuti suami yang telah dinobatkan menjadi Raja Kartosuro, pada tahun 1704

Bupati ke 11
Sebelum Raden Ayu Puger meninggalkan istana Madiun dan mening­galkan jabatannya, telah menunjuk saudaranya sendiri yakni Pangeran Harjo Balitar untuk menjabat sebagai Bupati Madiun ke XI sejak tahun 1704 sampai 1709.

Bupati ke 12
Selama tidak kuran dari 16 tahun sejak tahun 1709 menjabat Bupati Madiun yang dalam urutannya Bupati ke XII adalah Tumenggung Surowidjojo. Bupati ini memerintah sejak 1709 sampai 1725.

Bupati ke 13
Pangeran Mangkudipuro diangkat sebagai Bupati Madiun yang ke XIII sejak tahun 1725 menggantikan Tumenggung Surowidjojo sampai sekitar tahun 1755. Saat bupati ini memegang jabatan terjadilah peristiwa yang disebut “Palihan Nagari”.

Terkait:
Pengeran Timoer, Bupati Pertama Kabupaten Madiun
Raden Ayu Retno Djumilah, Bupati ke 2 Kabupaten Madiun
Bupati Kabupaten Madiun ke 3 sampai dengan ke 13
Raden Ronggo Prawirodirdjo I. – Ra­den Mangundirdjo, Bupati Madiun ke 14 – ke 15
Pangeran Raden Ronggo Prawirodirdjo III, Bupati Madiun ke 16
Bupati Madiun Ke 17 sampai dengan ke 21
Bupati Madiun ke 22 sampai dengan ke 24
Bupati Madiun ke 25 sampai denga ke 34
Berdirinya Madiun
Kotapraja Madiun, berdiri 1918

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Buku Kenang-kenangan Sekilas Madiun Pada Hari Jadi Ke-418. Madiun: Humas Pemerintah Kabupaten/Kodya Daerah Tingkat II Madiun, 1986, , hlm. 58-61

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Madiun, Madiun [Kota], Sejarah, Th. 1986 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s