Rudy Wiliam Keltjes


12 Februari 1952 lahir di Situbondo. Rudy William Keltjes. Pria bertinggi badan 186 cm dulu ini dikenal sebagai pemain yang bagus, terutama dalam mengumpan. Bola umpan dari kakinya sangat terukur sehingga kerap bisa diselesaikan penyerang menjadi gol. Posisinya idealnya sebagai gelandang bertahan, namun Rudy juga pernah ditempatkan di libero.

Bagi publik bola Surabaya, nama Rudy Keltjes, yang keturunan Belanda itu (lahir dari ayah keturunan Belanda, Theodorees Keltjes dan ibu asli Situbondo) tidaklah asing, la pemain yang dibesarkan di klub Suryanaga.

Saat berlaga di lapangan, tubuhnya terlihat paling jangkung. Bahkan seorang kiper, yang rata-rata berpostur tinggi, kalah tinggi jika disandingkan dengannya. Tapi, meski jangkung, tak membuat pergerakannya lambat, la tetap memiliki sprint yang bagus. Dan, jika bola sudah berada di kakinya, lawan kerap sulit merebutnya.Meski bukan pemain depan, Rudy memiliki naluri mencetak gol yang cukup lumayan. Bahkan ia bisa/nencetak gol di saat-saat penentuan.

tahun 1978 semasa jayanya pernah membela Persebaya serta tim nasional PSSI. Rudy ikut mengantarkan Suryanaga juara Kompetisi Divisi Utama Persebaya pada, setelah menaklukkan rival bebuyutannya saat itu, Assyabaab 2-0. Dan dua gol itu semuanya dicetaknya.

1975 hingga 1979 Kepiawaian Rudy Keltjes membuatnya ia terpilih untuk memperkuat Persebaya. Ia membela Persebaya selama lima tahun.

Tahun 1977 Saat memperkuat Persebaya, Rudy juga ikut mengantarkan Persebaya menjuarai event bergengsi di negeri ini ( Kompetisi Divisi Utama Perserikatan) setelah mengalahkan Persija Jakarta 3-2 di final. Dan gol penentu saat itu dicetak oleh Rudy Keltjes yang sat itu juga dinobatkan sebagai pemain terbaik. Saat itu, Persija juga diperkuat oleh pemain-pemain hebat seperti Iswadi Idris, Andi lala, Taufik Saleh, Oyong Liza, ueb Rizal, Roni Paslah dan lain-lain. Ketika itu Persebaya ditangani oleh pelatih Mudayat didampingi oleh Jattu dan M Basri.

Tahun 1975 Rudy secara terus terang mengakui, keterampilannya bermain bola bisa berkembang saat berada di klub Suryanaga. la gabung ke Suryanaga setelah pindah dari kota kelahirannya di Situbondo. “Di Suryanaga rasa kekeluargaan begitu kental. Pengurus sangat perhatian kepada pemain, sehingga pemain bisa mengembangkan bakatnya,” ucap Rudy, la menyebut, H Talib Bobsaid, Tjio Kiem Bok (yang lebih dikenal sebagai Koh Bok), Tiyanto Saputro maupun Purwanto Latief adalah figur di Suryanaga yang begitu peduli dengan pemain, sehingga tercipta rasa kekeluargaan yang tinggi.

Tahun 1975 hingga 1983, Keterampilan Rudy Keltjes membuatnya juga terpilih sebagai pemain nasional antara.
Tahun 1979 pernah memperkuat tim SEA Games
Tahun 1983 SEAG.
Tahun 1972 bersama Subodro serta Sudarno, Rudy Keltjes juga terplih sebagai pemain yunior PSSI

Setelah tidak di Suryanaga, Rudy terjun ke Kompetsi Galatama dengan memperkuat Niac Mitra Surabaya, serta beberapa klub lainnya.

Rudy Keltjes menilai, Michael, pimpinan cabang sepak bola Suryanaga, juga cukup bagus dalam mengelola tim Suryanaga. la berharap pemain Suryanaga saat ini berlatih serius agar tidak mengecewakan pembinanya.

“Figur bola di Surabaya seperti Pak Tiyanto, Pak Barmen (pembina klub Assyabaab) dan Michael jangan sampai dikecewakan. Mereka benar-benar berkorban untuk sepak bola,” nasihat Rudy Keltjes kepada pemain era masa kini.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Johnny Budi Martono & Mulyono. Buku Peringatan 100 Tahun POR Suryanaga, Surabaya: Suryanaga, 2008.

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Situbondo, Sosok, Th. 2008 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s