Soeprijadi, Pemberontak PETA


Soeprijadi13 April 1923, Priyambodo lahir di Trenggalek. dikenal dengan nama Soeprijadi. Awalnya Soeprijadi perwira instruktur, diangkat Jepang untuk pembentukan tentara-tentara pribumi sebagai kader Peta, bertempat di Peleton I Kompi III Peta di Blitar. Melihat kekejaman tentara Jepang pada bangsanya, hati Soeprijadi muda tadak bisa menerima.

14 Februari 1945, kebenciannya kepada penjajah Jepang yang kejam akhirnya meletus menjadi sebuah pemberontakan di Blitar, Supriyadi dengan kawan-kawannya. Kendati bisa dipadamkan dalam waktu singkat, pemberontakan yang dipimpin perwira berpangkat Shodancho yang baru berusia 22 tahun ini memakan banyak korban dari pihak bala tentara Jepang.

Namun karena kekuatan yang tidak berimbang, anggota Peta yang melakukan perlawanan itu akhirnya dapat ditumpas.

Sejumlah anak buah Soeprijadi yang menyerah malah ada yang dihukum mati dan dipenjara.

Sedangkan keberadaan Soeprijadi sendiri masih diliputi misteri. Tidak ada saksi yang melihat langsung ia dieksekusi ataupun melihat jenasahnya jika terbunuh oleh Jepang waktu pertempuran. Namun tidak hanya sebagian kecil saja, yang meyakini dia masih hidup, mengingat kejamnya perlakuan tentara Jepang terhadap kaum pemberontak.

6 Oktober 1945, Ketika Bung Karno menyusun kabinet, Belau mengambil Keputusan untuk memberikan jabatan Menteri Keamanan Rakyat bagi Soeprijadi.

30 Oktober 1945, Namun karena Soeprijadi tidak kunjung menampakkan diri ketika ditunggu hingga akhirnya pemerintah mengalihkan jabatan itu kepada Soedirman, yang juga mantan anggota Peta.

Cerita tentang keberadaan Soeprijadi hingga kini masih merupakan mitos. Ia dinyatakan hilang setelah memimpin pemberontakan Peta (Pembela Tanah Air) terhadap tentara pendudukan Jepang di Blitar.

Februari 1945. Pemberontakan yang dipimpinnya adalah gejolak terbesar sepanjang pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia. Pengangkatan Soeprijadi adalah tanda penghargaan dan kepercayaan kepada semangat Peta, yang patriotismenya patut diteladani.

*Mendapatkan gelar Pahlawan Berdasar SK Presiden No: 063/TK/1975 tanggal 98 – 1975,  asal Daerah/Pengusul Jawa Timur

(S1Wh0 n  BAnT0)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Baskara T. Wardaya, SJ. Mencari Supriyadi: Kesaksian Pembantu Utama Bung Karno.  Yogyakarta: Galang  Press, 2008.
Sumber Ilustrasi: Kementrian Sosial Republik Indonesia, http://pahlawancenter.com/pahlawancenterbaru/?…

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Blitar, Blitar [Kota], Sejarah, Tokoh, Trenggalek dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Soeprijadi, Pemberontak PETA

  1. Anonymous berkata:

    Sumber lain : buku Documenta Historica, Sedjarah Dokumenter dari Pertumbuhan dan Perdjuangan Negara Republik Indonesia” karangan Osman Rabily, terbitan 1953. Di halaman 62 :
    OKTOBER 22 (1945) Suprijadi, panglima Tentara Keamanan Rakjat dari NRI, terbang ke Semarang dari Djakarta guna berembuk dengan pimpinan tentera Inggeris di sana tentang perlutjutan sendjata. Persetujuan diperoleh untuk melutjutkan persendjataan penduduk preman, terketjuali polisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s