Historis Untung Surapati


Pada abad ke-17, seorang putra Indonesia yang terkenal gagah berani di dalam melawan keangkaramurkaan  V.O.C / Kompeni Belanda, telah mengisi khasanah sejarah Indonesia. Dari perjalanan sejarahnya yang panjang mulai dari Batavia ( Jakarta sekarang ) sampai ke Pasuruan, banyak butir- butir mutiara yang dapat dipetik untuk diketahui oleh masyarakat luas.

Beliau adalah Untung Surapati yang hidup antara +_ tahun 1660 sampai 1706. Dari seorang budak yang dipelihara oleh Belanda. Untung Surapati telah merasakan ketidakadilan dalam kehidupan bangsanya. Tindakan sewe nang-wenang dari kaum penjajah ( Kompeni Belanda ) dirasakan tidak dapat diterima oleh Untung Surapati.

Dari pengalamannya yang pahit tersebut, telah menempa dirinya untuk selalu melawan segala bentuk penindasan yang dilakukan Kompeni terhadap bangsanya.

Dengan ketrampilan dan kecerdasannya Untung Surapati mampu me – mimpin kawan – kawannya untuk menentang orang – orang Belanda yang dengan sewenang – wenang hendak menginjak – injak martabat bangsanya.

Semangat dan tekadnya yang mantab, beliau selalu berusaha menghan­curkan pasukan Kompeni Belanda di manapun mereka bertemu.

Sebagai Kesatria Indonesia, beliau mempunyai harga diri dan tahu menjaga harga diri. Sebagai seorang pemimpin beliau selalu bersikap arif dan bijaksana, selalu menolong dan melindungi rakyat kecil, sehingga rakyat merasa aman dan tenteram. Pimpinan yang bertanggung jawab dan mem­punyai wibawa yang besar di kalangan anak buah dan rakyatnya.

Untung Surapati yang telah berhasil membangun kerajaannya dan ber kuasa sebagai seorang raja di Pasuruan selama _+ 20 tahun, dengan gelar Adipati Aria Wiranegara tetap konsekuwen sebagai seorang pejuang yang tidak mau bekerja sama dengan Kompeni Belanda sampai titik darah peng­habisan.

Keharuman nama Untung Surapati meliputi seluruh tanah air Indonesia beliau sangat dihormati dan dimuliakan oleh rakyat Indonesia terutama oleh masyarakat Jawa Timur, dan khususnya masyarakat Pasuruan.

Dengan jasa dan pengorbanan beliau, maka pemerintah RI dangan SK Presiden RI Nomor : 106/Tk/1?75, tanggal: 3 Nopember 1975 telah menganugerahkan Pahlawan Nasional Kepada Untung Surapati.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:Tim Pembudayaan Sejarah UNTUNG SUROPATI, Untung Suropati dan Semangat Juangnya, Kabupaten Pasuruan, Pasuruan, 1988, hlm. 1

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Pasuruan, Sejarah, Th. 1988 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s