Jalur Bromo – Bali, Kabupaten Lumajang


JALUR LINTAS BROMO – BALI BUKAN SEBUAH ILUSI

Menurut prespektif geografi wilayah, Kabupaten Lumajang berada pada posisi yang sangat strategis karena terletak diantara dua destinasi pariwisata Indonesia yang sudah terkenal yaitu Bromo dan Bali.

Di antara dua icon wisata dunia inilah terurai beragam potensi wisata yang sangat menarik di Kabupaten Lumajang bak untaian ratna mutu manikam Kawasan Bromo sebelah selatan adalah merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Lumajang yang dipenuhi oleh beberapa potensi wisata meliputi Kawasan Hutan Lindung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Ranu Pane, Ranu Regulo, Ranu Kumbolo serta satu-satunya akses jalan menuju puncak Semeru.

Di kawasan inilah mayoritas Suku Tengger berdomisili yang masih kental dengan adat serta budayanya, utamanya di Desa Ranu Pane dan Desa Argosari. Ranu Pane, Ranu Regulo dan Ranu Kombolo, selain kondisi alamnya yang masih perawan juga menebarkan panorama alamnya yang luar biasa indahnya. Wisatawan dari Mancanegara yang berkunjung ke Bromo selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke Ranu Pane dan Ranu Regulo mengingat selain adanya akses jalan darat juga sudah tersedianya fasilitas Home Stay di sana, bahkan tidak jarang yang melanjutkan perjalanannya ke Ranu Kumbolo dan langsung ke puncak Semeru yang sangat eksotik. Sebagai daerah yang berada di kaki gunung Semeru, tentunya Kabupaten Lumajang sangat berpotensi terhadap sumber mata airnya yang jernih serta banyak mengalir mulai dari dataran tinggi hingga dataran rendah baik melalui sungai-sungai maupun mengalir deras dari tebing yang tinggi sehingga menciptakan suatu keindahan alam yang menakjubkan.

Di Kabupaten Lumajang banyak dijumpai beberapa air terjun yang pemandangannya sangat indah dan masih alami, sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya itu, potensi sumber..A-Jft. mata air yang jernih juga menciptakan suatu keindahan alam yang memukau sehingga menimbulkan hasrat untuk menikmatinya dengan mandi dan berendam sehingga mampu menyegarkan badan.

Beberapa pemandian alam banyak dijumpai di Kabupaten Lumajang dengan kesegarannya airnya yang alami serta indahan alamnya yang memukau. Satu lagi, pada akses jalur lintas Bromo – Bali terdapat Pura Mandara Giri Semeru Agung merupakan pura yang dituakan dan sangat dihormati oleh pemeluk Agama Hindu utamanya masyarakat Hundu Bali. Pura yang berada di Desa Senduro Kecamatan Senduro ini setiap tahunnya mampu menyedot wisatawan Nusantara yang jumlahnya mencapai puluhan ribu utamanya pada saat acara Piodalan atau peringatan ulang tahun Pura. Selain berbagai acara ritual keagamaan yang dilaksanakan di Pura Mandara Giri Semeru Agung ini, juga digelar berbagai seni budaya Jawa dan Bali yang berlangsung hingga beberapa hari yang banyak diminati oleh wisatawan.

Lumajang yang lebih dikenal dengan sebutan Kota Pisang, maka tentunya hasil tanaman buah pisang di Kabupaten Lumajang sangat melimpah sehingga mampu memenuhi kebutuhan buah pisang hampir diseluruh daerah di Pulau Jawa dan Bali. Melimpahnya buah pisang di Kabupaten Lumajang utamanya di Kecamatan Senduro serta bebera daerah lainnya, juga dimanfaatkan untuk diolah menjadimakanan khas Lumajang, seperti keripik pisang, selai pisang dan dodol pisang yang juga banyak dikirim ke hampir seluruh daerah di Pulau Jawa dan Bali yang sentra produksinya banyak bertebaran di Kecamatan Senduro.

Tidak hanya itu,berbagai potensi kerajinan juga terdapat di Kabupaten Lumajang seperti kerajinan perak, Kerajinan manik-manik, kerajinan anyaman bambu, Kerajinan bordir, kerajinan batik khas Lumajang serta masih banyak lagi. Khusus kerajinan perak di Kabupaten Lumajang sampai saat ini sudah merambah ke luar daerah bahkan sampai ke mancanegara.

Ketika hari sudah beranjak malam, aktifitaspun tetap berlangsung bagaikan kota yang tak pernah tidur karena di beberapa sudut kota ini banyak dijumpai wisata kuliner dengan sajian berbagai menu makanan dan minuman khas Lumajang yang banyak diminati oleh wisatawan ambil menikmati keindahan suasana malam Kota Lumajang, sehingga Kabupaten Lumajang yang merupakan akses jalur lintas Bromo – Bali sangat berpotensi sebagai daerah tujuan wisata utamanya bagi wisatawan Mancanegara. Selamat berwisata.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Kirana, Edisi 2011, Lumajang, 2011,07 * pesona lumajang

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Lumajang, Th. 2012, Wisata dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s