Musik Patrol, Kabupaten Lumajang


Musik  Patrol Di  Malam Ramadhan

Sahur…..sahur.. sahur.!!!! Sapaan ini sangat akrab ditelinga kita, saat bulan Ramadhan atau bulan puasa umat Muslim.Tidak hanya panggilan membangunkan orang dari tidur untuk bersaur, tetapi selalu diiringi dengan musik patrol.

Bunyi-bunyian musik patrol ini, seakan sudah menjadi tradisi dan budaya temurun. Tradisi ini masih sangat kental, terutama di desa desa selain untuk kepentingan lainnya, misalnya ronda malam atau hajatan festival yang dilombakan.

Agar tradisi ini tidak lenyap, maka setiap tahun Musik Patrol ini dilombakan dalam bentuk karnawal. Penyelenggaranya adalah Pengurus Masjid Agung KH. Anas Mahfud di Alun – Alun Barat Lumajang.

Hampir setiap ramadhan dan menjelang lebaran, karnaval musik patrol ini digelar. Masing – masing peserta harus bisa menampilkan kelompoknya dengan baik.

Tentu saja tidak hanya tampilan musiknya, yang berbasis perkusi dari kayu, tetapi juga kekompakan pesertanya serta koreografi phisik peralatan yang ditampilkan.

Pihak Panitia biasanya mematok kepada pesertanya untuk menampilkan Musik Patrol aslinya, tidak boleh menggunakan soundsystem atau mesin desel sebagai pengerasnya. Tetapi ketentuan ini masih saja dilanggar karena masing – masing peserta biasanya ingin tampil atraktif dengan pengeras suara.

Yang pasti, acara tahunan Festival Musik Patrol ini menyedot perhatian tersendiri warga Lumajang yang datang dari berbagai pelosok desa.

Puluhan ribu orang berduyun-duyun datang, sekedar untuk menyaksikan tampilan puluhan pesertanya. Meskipun acara ini, berlangsung malam hingga dini hari, ternyata tidak mengurangi keiginan masyarakat untuk menyaksikan atraksi tersebut.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Kirana, Edisi 2011, Lumajang, 2011,23 * Seni & Budaya

 

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Lumajang, Th. 2011 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s