Ranu Semeru, Kabupaten Lumajang


Persis dilerang Gunung Semeru ada 3 (tiga) Ranu/danau. Para pendaki yang akan ke puncak Semeru pasti melewati 3 danau ini. 2 Danau yaitu Ranu Pane dan Ranu Regulo terletak di desa Ranu Pane lereng bawah dan merupakan awal pendakian, sedang Ranu Gumbolo terletak di lereng atas setelah perjalanan 5 jam dari Ranu pane. Selain keindahan danaunya, kawasan sekitar danau menjadi tempat yang representatif untuk perkemahan. Para pendaki biasanya sering menginap di tenda – tenda perkemahan sebelum mereka berangkat menuju puncak Semeru.

Pada musim – musim pendakian, ada ribuan wisatawan yang datang, baik dari d alam negeri maupun manca negara. Potensi alamnya yang mempesona dan puncak merapi yang menantang, selalu mengundang daya pesona Bahkan, di sana juga ditempatkan pos – pos pemantau dan petugas SAR untuk membantu para pendaki menuju puncak Mahameru yang memiliki ketinggihan 3.676 m diatas permukaan laut dengan kawah Jonggring Saloko dipuncaknya.

Sisi lain, daya tarik kawasan di lereng Semeru ini adalah masyarakat Ranupani yang khas, baik ditinjau dari sudut sosial budaya, Agama,kehidupan sehari – hari, sehingga tejaga keasliannya tanpa terkena akulturasi budaya para wisatawan dari berbagai arah.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Kirana, Edisi 2011, Lumajang, 2011,09 * pesona lumajang

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Lumajang, Th. 2011, Wisata, Wisata Alam dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s