Selapanan, Tradisi Budaya Jawatimuran


Selapanan berasal dari kata selapan yaitu perhitungan waktu Jawa yang umurnya 35 hari. Selapanan yaitu upacara yang diselenggara­kan pada waktu bayi baru umur selapan (35 hari), yaitu tepat pada hari la­hir (weton) bayi tersebut. Misalnya apabila bayi lahir pada hari Selasa Legi, maka selapanan jatuh pada hari Selasa Legi bulan berikutnya. Mengenai sarana (sajian) selamatan selapanan sama seperti selamatan sepasaran tetapi tanpa memakai tulak bala (tumbak sewu dan Sliro).

Bersamaan dengan upacara selapanan ini biasanya rambut si bayi dicukur untuk pertama kalinya. Potongan rambut itu ditanam di dalam tanah atau disimpan oleh orang tuanya, kelak apabila bayi itu telah be­sar diberikan, karena menurut kepercayaan sementara orang rambut itu mempunyai kekuatan gaib, sehingga dapat dipakai sebagai alat untuk mengebalkan diri (Jawa: kadigdayan).

Ada sementara orang sebelum potongan rambut itu ditanam atau disimpan terlebih dahulu dimasukkan ke dalam bokor yang berisi air dan kembang boreh. Kemudian kepala yang telah dicukur itu diberi bedak dari beras yang dilumatkan dengan bumbu-bumbu pewangi, disamping bedak juga diberi daun kala katu yang telah dilumatkan.

Ada kalanya terjadi apabila bayi itu habis dicukur badannya panas atau selalu menangis. Bila terjadi hal semacam ini biasa­nya rambut si bayi itu dibiarkan panjang (Jawa: dibajangake). Kelak apabila anak itu sudah besar rambut itu dicukur dengan upacara, disebut upacara potong kuncung.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Upacara Tradisional daerah Jawa Timur.Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah Dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi Daerah 1983-1984, Surabaya September 1984,  hlm.
77-78

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Seni Budaya, Th. 1980 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Selapanan, Tradisi Budaya Jawatimuran

  1. Ping balik: Bedak Boneka Surabaya - Cari Kosmetik Murah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s