Nyataun, Upacara Tradisi Jawa Timur


Upacara masa kanak-kanak, pada setiap daerah di Jawa Timur terdiri dari beberapa upacara, diantaranya adalah upacara : Nyetauni, Nyapih dan sunatan.

Setelah upacara tedhak siten, upacara diadakan lagi ke­tika anak berumur satu tahun, oleh karena itu upacara ini di­sebut nyetaun. Adapun sajian pada selamatan ini ialah: nasi kulupan, bubur merah, bubur putih, bubur sengkolo dan ja­jan pasar. Ada sementara orang yang melengkapi upacara ini dengan sajian nasi gurih, ingkung ayam serta pisang dua sisir (setangkep : Jawa).

Pada upacara itu, yang banyak berperan adalah dukun bayi. Hadir dalam upacara tersebut para anggota keluarga dekat, baik dari pihak isteri maupun suami.

Di samping itu juga dihadiri oleh para tetangga di sekitar rumah, yang senga­ja diundang untuk menghadiri upacara itu. Upacara nyetauni lebih bersifat peringatan, dan si anak tidak melakukan ke­giatan yang bersifat ritual. Nyetauni itu diadakan dengan selamatan

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Upacara Tradisional daerah Jawa Timur. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah Dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi Daerah 1983-1984, Surabaya September 1984,

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Seni Budaya, Th. 1984 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s