Hoggy Art


‘Hoggy Art ’ Dari Sebuah Ketekunan

Kalau kita membangun atau merenovasi rumah pasti tidak lupa untuk memikirkan ornament-ornamen yang akan kita pasang. Termasuk juga ornamen kaca jendela atau interior di dalam maupun luar rumah .

Sebagian orang memilih ornamen kaca yang diberi lukisan atau pernak-pernik sehingga kaca yang dulu hanya berfungsi sebagai penyekat yang tembus pandang, dalam perkembangannya telah diberi sentuhan lain sehingga dapat memberi nuansa seni pada rumah.

Pengusaha yang menekuni kerajinan seni mengukir kaca ini adalah Bapak Tri Witjaksono atau cukup di panggil Sony. Menurut Sony seorang sarjana pertanian tahun 1995 , usaha ini dirintis secara kebetulan . ” Saya punya teman yang mempunyai usaha ini dan sudah berjalan namun ditinggalkan karena sesuatu kepentingan” kata Soni. ”

Awalnya tergerak dari rasa iba terhadap nasib pegawai , saya mengambil alih untuk meneruskan usaha ini dan alhamdulilah sampai sekarang saya menggantungkan hidup dari usaha mengelola kaca ini” Soni melanjutkan.

Dengan mengambil tenaga kerja di daerah sekitarnya sebanyak 8 orang bisa menghasilakan omset sekitar 30-40 juta rupiah per bulan . PT HOGGY ART ini mempunyai keunggulan nilai seni, desain, gambar dan peletakan kaca yang lebih menarik hingga mampu bertahan dan bisa merebut pangsa pasar untuk permintaan selama ini banyak terdapat di seluruh, Jawa Timur, Samarinda, dan Palu Permintaan ekspor ke luar negeri melalui pihak ke tiga negara tujuan Hawai, Belanda, Australia

Masih menurut Soni usaha kerajinan kaca terdiri dari Gravier, Stain Glass, dan Painting Glass pasang surut usaha ini mengikuti trend di masyarakat. Pernah mengalami booming sebelum krismon.  Pada saat krismon usaha saya pernah mengalami kesulitan pemasaran. Dan bang kit lagi sekitar tahun 2002.

Sekarang trend masyarakat cenderung ke minimalis yang sedikit sekali menggunakan kaca, sehingga pemasaran produk kami juga sedikit mengalami penurunan . dengan binaan Dinsperindag Prop. Jatim melalui Pelatihan dan Pameran yang kami dapatkan saya tetap yakin suatu saat tren akan kembali, dan permintaan pasar akan semakin meningkat. Saat ini HOGGY ART tengah mengembangkan sayapnya menjajaki dan mencoba kontak dagang langsung dengan pembeli luar negeri, Sony yakin produknya bisa bersaing hasil pembuatannya lebih halus dan desainnya lebih bagus. HOGGY ART Beralamat di JI. Dukuh Kupang Timur XIII 26 Surabaya.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:
Indag, No.6, Juni 2007, hlm. 12

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesenian, Sentra, Surabaya, Th. 2006 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Hoggy Art

  1. ahmad fauzi berkata:

    saya ingin pesan kaca cendela
    tolong kasih no hp nya pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s