Petik Laut, Upacara Tradisi Kabupaten Lumajang


Upacara Petik Laut di Kecamatan  Yosowilangun

Lumajang adalah salah satu Kabupaten yang terletak di pesisir selatan bagian timur Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk sebanyak 1.075.355 jiwa serta memiliki luas areal 1.790,90 Km2, terbagi atas 21 Kecamatan yang terdiri dari 198 Desa dan 7 Kelurahan.

Batas-batas wilayah Kabupaten Lumajang meliputi : sebelah barat Kabupaten Malang, sebelah timur Kabupaten Jember, sebelah utara Kabupaten Probolinggo dan sebelah selatan Samudra Hindia

Perpaduan masyarakat etnis Jawa, Madura dan Tengger menjadikan Kabupaten Lumajang kaya akan budaya serta kesenian daerah. Salah satu dari keragaman tradisi tersebut adalah upacara tradisi “Petik Laut” di Kecamatan Yosowilangun.

Masyarakat nelayan, Kecamatan  Yosowilangun memiliki tradisi turun-temurun yakni upacara tradisional “Petik Laut”. Tradisi ini digelar setiap tahun sekali pada bulan Suro penanggalan Jawa.

Sebelum acara  berlangsung, masyarakat peserta berkumpul di pendopo kecamatan. Upacara diawali dengan Selamatan (kenduri). Setelah  selesai selamatan dilanjutkan dengan melarung sesajen ke tengah laut. Terlihat seluruh peserta yang terdiri atas kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua tumplek blek dan sangat antusias.

Pada saat prosesi ini berlangsung, seluruh peserta nampak bersemangat. Tak ayal, teriakan peserta mengiringi selama pelarungan sesajen.

Upacara tradisi Petik Laut tersebut tepatnya dilaksanakan di Pantai Meleman, maksud dan tujuan upacara tersebut, selain sebagai ungkapan rasa syukur atas rizki yang telah didapat, juga berharap untuk mendapatkan keselamatan saat melaut.=Siwhoto=

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Ditulis oleh Tim Pustaka  Jawatimuran – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Sumber Data & Foto Kantor Pariwisata Kabupaten Lumajang, Surabaya, 2012

Tentang Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Lumajang, Seni Budaya, Th. 2012 dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s